Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS SUKAMANAH KABUPATEN LEBAK

Maryati, Elit (2015) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS SUKAMANAH KABUPATEN LEBAK. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS SUKAMANAH K.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

The research problems are as follows: 1). Whether there are significant academic supervision and self-efficacy principals together on the performance of primary school teachers in Lebak regency Sukamanah group ?, 2). Whether there are significant academic supervision principals on teacher performance Elementary School in Lebak regency ?, Sukamanah group 3). Are there self-efficacy influence on the performance of primary school teachers in Lebak regency Sukamanah group?. In this study, researchers used a descriptive study with a quantitative approach because in this study, researchers analyzed and classified by using a questionnaire and express a phenomenon by using a calculation basis. The conclusion of this study are as follows: 1). There is a positive influence academic supervision principals (X1 ) to the performance of teachers (Y). Through statistical tests of significance with t test , t values obtained for β1 of 4.336 while t table with 30 degrees of freedom in the (0.025) is equal to 0.042. Thus t (4.336)> t table (0.042), 2). There is a positive influence on the self-efficacy (X2 ) on the performance of teachers (Y). Through statistical tests of significance with t test , obtained t value for β2 at 3.009 while t table with 30 degrees of freedom in the (0.025) is equal to 0.042. Thus t (3.009) > t table (0,042), 3). There is a positive influence academic supervision principals (X1 ) and self efficacy (X2 ) together on teacher performance (Y). Through tests of significance using the F distribution, obtained calculated F value of 10.737, while the price of critical value of F table with 2 degrees of freedom numerator denominator 30 at (0.05) obtained values of 5.39 F table so proved that F count (10.737 ) > F table (5.39). Thus the variable academic supervision and self-efficacy principals together can improve the performance of primary school teachers in the cluster Sukamanah Lebak regency

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHanafi, Syadeli195608201985031002
Thesis advisorSoeryana, Atang195912251979031001
Additional Information: Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Apakah terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan efikasi diri secara bersama- sama terhadap kinerja guru SD Negeri di gugus Sukamanah Kabupaten Lebak?, 2). Apakah terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di gugus Sukamanah Kabupaten Lebak?, 3). Apakah terdapat pengaruh Efikasi diri terhadap kinerja guru SD Negeri di gugus Sukamanah Kabupaten Lebak?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena pada penelitian ini peneliti menganalisis dan mengklasifikasikan dengan menggunakan angket dan mengungkapkan suatu fenomena dengan menggunakan dasar perhitungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang positif supervisi akademik kepala sekolah (X1 ) terhadap terhadap kinerja guru (Y). Melalui uji signifikansi dengan statistik uji t, diperoleh nilai t hitung untuk β1 sebesar 4,336 sedangkan t tabel dengan derajat bebas 30 pada (0,025) adalah sebesar 0,042. Dengan demikian t hitung (4,336) > t tabel (0,042)., 2). Terdapat pengaruh yang positif efikasi diri terhadap (X2 ) terhadap terhadap kinerja guru (Y). Melalui uji signifikansi dengan statistik uji t, diperoleh nilai t hitung untuk β2 sebesar 3,009 sedangkan t tabel dengan derajat bebas 30 pada (0,025) adalah sebesar 0,042. Dengan demikian t hitung (3,009) > t tabel (0,042), 3). Terdapat pengaruh yang positif supervisi akademik kepala sekolah (X1 ) dan efikasi diri (X2 ) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y). Melalui uji signifikansi dengan menggunakan distribusi F, diperoleh nilai F hitung sebesar 10,737, sementara harga kritis nilai F tabel dengan derajat bebas pembilang 2 penyebut 30 pada (0,05) diperoleh nilai F tabel sebesar 5,39 sehingga terbukti bahwa F hitung (10,737) > F tabel (5,39)., Dengan demikian bahwa variabel supervisi akademik kepala sekolah dan efikasi diri secara bersamasama dapat meningkatkan kinerja guru SD Negeri di gugus Sukamanah Kabupaten Lebak.
Uncontrolled Keywords: Academic Supervision, Self-Efficacy and Performance Of Teachers. Supervisi Akademik, Efikasi Diri dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 08:41
Last Modified: 03 Apr 2022 08:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item