Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINTDAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MAHASISWA S1 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BINA BANGSA SERANG BANTEN

DEWI, RATNA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINTDAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MAHASISWA S1 SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BINA BANGSA SERANG BANTEN. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINTDAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MAHASISWA S1 SE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

he purpose of this study was to determine: (1) know the different of the use of instructional media using Powerpoint and the conventional learning (2) determine the effect of differences in learning motivation high and low learning motivation in learning to use PowerPoint and conventional learning. This study was a quasi-experimental study using a 2x2 factorial design. The sample consists of two classes of experimental class and a control class VI semester students of the School of Economics, which is drawn at random Proportionate random sampling. When the study was conducted in February to June 2014 using ANOVA analysis of the hypothesis that the two pathways is known that (1) There are differences in learning outcomes between students who are studying accounting using instructional media powerpoint with students using conventional teaching methods (97.257 F count> F table 7, 40; sig <0.01); (2) there are differences in learning outcomes of accounting students with high and low learning motivation (10.829 F count> F 7.40; sig <0.01); (3) there is an interaction effect between instructional media and learning motivation of students to study accounting results (F value 12.712> F 7.40;sig<0.01). From the research it is necessary to further test with Tukey test, the results showed that there are two groups that have different average. From the results of this study can be concluded that through that for a group of students who have high motivation to learn, the result of accounting students using media powerpoint higher than students who were given conventional learning.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorYazid, Helmi197012182002121001
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) mengetahui perbedan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan Powerpoint dan pembelajaran konvensional (2) mengetahui pengaruh perbedaan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam pembelajaran menggunakan powerpoint dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksprimen dengan menggunakan desain factorial 2x2 . Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang merupakan mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, yang diambil secara acak Proportionate random sampling. Waktu penelitian dilakukan pada bulan februari sampai dengan juni 2014 analisa hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur yang diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional(F hitung 97,257 >F 7,40; sig<0,01); (2) terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah(F hitung 10,829 >F tabel tabel 7,40; sig <0,01); (3) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar akuntansi (F hitung 12,712 >F 7,40; sig <0,01). Dari hasil penelitian maka diperlukan uji lanjut dengan uji Tukey, hasilnya menunjukan bahwa terdapat dua kelompok yang memiliki perbedaan ratarata. Dari hasil penelitian ini dapat bahwa melalui disimpulkanbahwa untuk kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil akuntansi mahasiswa dengan menggunakan media powerpoint lebih tinggi daripada mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional
Uncontrolled Keywords: owerpoint Methods, Motivation, and Learning Outcomes in Accounting Metode Powerpoint, Motivasi, dan Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 08:27
Last Modified: 03 Apr 2022 08:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item