NOVRIATNA, ENDANG (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN (KOMIK DAN POWERPOINT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X DI SMK NEGERI 2 PANDEGLANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN(KOMIK DAN POWERPOINT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
This study aims to the determine the effect from the use of Learning Media (Comics and PowerPoint) and Learning Styles towards biology Learning Results atclass X of SMK Negeri 2 Pandeglang. This research uses experimental methods, with 2 x 2 factorial design.It was held at SMK Negeri 2 Pandeglang for class X students ineight meetings, in semester 2 yearly program 2014/2015. The samples were 26 students which were devideinto two groups: control group and experimental group. Each groupconsists of 13 students. The data analysis uses Anova two lines andTukey test with significance levelaround 0,05 The results shows (1) The Results Study of Biology using comics is about 68.23 in averege, while using Powerpoint is about 61.81 in average. There wasthe difference about 6.42. (2) The results study of field independence student is 75.57 and to the group field dependence student is54.46. Biology learning result which uses comics medium in field independence groups of students obtain the average value of 77.31 and the field dependence group gained an average value of 59.15. (3) The results of this study can be stated that comics can be used as a medium of learning. If the comic learning media is done simultaneously with attention to students' learning styles, this, will be able to improve learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Pembelajaran (Komik dan PowerPoint) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X Di SMK Negeri 2 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2 bertempat di SMK Negeri 2 Pandeglang pada siswa kelas X selama delapan kali pertemuan semester II tahun pelajaran 2014/2015. Sampel berjumlah 26 siswa dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Tiapkelompok sampel berjumlah 13 siswa. Analisis data dengan menggunakan Anava dua jalur dan uji lanjut dengan uji Tukey dengan taraf signifikan 0.05 Hasil penelitian menunjukan (1) Hasil Belajar Biologi dengan menggunakan media komik memperoleh nilai rata-rata 68,23, sedangkan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran media Powerpoint memperoleh nilai rata-rata 61,81. Terdapat perbedaan sebesar 6,42. (2) Hasil belajar Biologi pada kelompok siswa field independence memperoleh nilai rata-rata 75,57 dan pada kelompok field dependence memperoleh nilai ratarata 54,46. Hasil belajar Biologi yang menggunakan media komik pada kelompok siswa field independence memperoleh nilai rata-rata 77,31 dan pada kelompok field dependence memperoleh nilai rata-rata 59,15. (3) hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Apabila mediapembelajarankomik dilakukan secara bersama dengan memperhatikan gaya belajar siswa akan mampu meningkatkan hasil belajar | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Learning Media (Comics and PowerPoint), Learning Styles, Learning Results Media pembelajaran (Komik dan PowerPoint), Gaya Belajar, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 03 Apr 2022 07:46 | |||||||||
Last Modified: | 03 Apr 2022 07:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11490 |
Actions (login required)
View Item |