Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI IPS KELAS X1 SMA NEGERI 1 CIPANAS KABUPATEN LEBAK

MULYANI, DESI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI IPS KELAS X1 SMA NEGERI 1 CIPANAS KABUPATEN LEBAK. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA TERHADAP HASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The objective of this research is to study the effect of instructional media and visual- spatial intelligence on the student’s learning outcomes in Accounting. The research was conducted at SMAN 1 Cipanas, with 72 students randomly selected. The experiment was conducted using factorial design 2 x 2. The finding of the research are follows ; (1) students outcomes in accounting who receive the computer excel multimedia are higher than those who receive print media, (2) students learning outcomes in Accounting who have high score in visual-spatial intelliegence are higher than those who have low score in visual-spatial intelliegence, (3) there is an interaction between instructional media and visual-spatial intelligence on students learning outcones in Accounting, (4) the student’s learning who have high score in visual-spatial are more suitable using computer excel media than print media, (5) the studen’s who have low score in visual-spatial intelligence are more suitable using print media than computer excel media. Based on the result of the research, student’s learning outcomes in Accounting could be improved by applying the appropriate instructional media with considering the student’s visual-spatial intelligence.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031001
Thesis advisorSyarif, Chussaery Rusdi195212122003121001
Additional Information: Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen yang dilakukan di SMAN 1 Cipanas kelas X1 pada tahun pelajaran 2013/2014. penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 72 orang yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan disain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis varians dua jalur antar kolom diperoleh harga F hitung = 16,99 lebih besar dibandingkan F = 3,98 pada taraf signifikansi α 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa hasil belajar Akuntansi siswa dengan media komputer excel lebih baik dibandingkan dengan media cetak, (2) hasil analisis varians dua jalur antar baris diperoleh harga F tabel = 4,97 lebih besar dibandingkan F = 3,98 pada taraf signifikansi α 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki kecerdasan visual-spatial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan visual-spatial rendah, (3) hasil analisis varians dua jalur interaksi diperoleh harga F hitung tabel = 109,70 lebih besar dibandingkan F = 3,98 pada taraf signifikansi α 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media komputer excel tingkat kecerdasan visual-spatial siswa terhadap hasil belajar Akuntansi, (4) hasil perhitungan lanjutan menggunakan media komputer excel dan media cetak. Nilai yang diperoleh Q hitung = 10,30 lebih besar dibandingkan dengan nilai Q tabel = 4,00 pada taraf signifikansi α 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa hasil belajar Akuntansi siswa dengan kecerdasan visual-spatial tinggi lebih baik jika menggunakan media komputer excel, (5) hasil perhitungan lanjutan dengan menggunakan uji Tuckey terhadap kelompok siswa dengan kecerdasan visual-spatial rendah yang menggunakan media komputer dan media cetak. Nilai yang diperoleh Q = 21,64 lebih besar dibandingkan dengan nilai Q tabel , hitung = 4,00 pada taraf signifikansi α 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa hasil belajar Akuntansi siswa dengan kecerdasan visual-spatial rendah lebih tinggi jika menggunakan media cetak
Uncontrolled Keywords: computer Media. visual spatial Intelligence. Student’s learning acconting Media Komputer. Kecerdasan Visual Spasial. Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 07:39
Last Modified: 03 Apr 2022 07:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item