Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN NATURALIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 3 SUKAMEKARSARI KECAMATAN KALANGANYAR KABUPATEN LEBAK

Rodiah, Diah (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN NATURALIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 3 SUKAMEKARSARI KECAMATAN KALANGANYAR KABUPATEN LEBAK. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN NATURALIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KEL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (920kB)

Abstract

The objective of this research in to study the effect of instructional approach naturalistic intelligence on the students learning outcomes in natural science.The research was conducted at SDN 3 Sukamekarsari, with 80 students randomly selected. The experiment was conducted using factorial design 2 x 2 result of analysis of variance between the two lines divided coloum count Frates > Ftable than calculations using Tukeys test to groups at studens with naturalistic intelligence height that uses scientific approach and expository approach . The finding of the research are follows: (1) students outcomes in natural science who receive the scientific approach are higher than those who receive exspository approach, (2) students learning outcomes in natural science who have high score in naturalistic intelligence, (3) there is an interaction between instructional approach and visual-spatial intelligence on students learning outcomes in natural science, (4) the students who have high score in naturalistic are more suitable using scientific approach than exspository approach, (5) the students who have low score in naturalistic intelligence are more suitable using exspository approach than scientific approach. Based on the result of the research, student’s learning outcomes in natural science could be improved by applying the appropriate instructional approach with considering the student’s naturalistic intelligence.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031001
Thesis advisorSyarif, Chussaery Rusdi195212122003121001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik dan tingkat kecerdasan naturalis siswa terhadap hasil belajar IPA di salah satu SD Negeri 3 Sukamekarsari Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan pada umumnya dan pembelajaran IPA pada khususnya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen yang dilakukan di SDN 3 Sukamekarsari di kelas IV pada tahun pelajaran 2013/2014. penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 orang yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan disain faktorial 2 x 2 hasil penelitian di analisis varians dua jalur antar kolom diperoleh harga Fhitung > Ftabel, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan dengan menggunakan Uji Tuckey terhadap kelompok siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi yang menggunakan pendekatan saintifik dan pendekatan ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa dengan pendekatan saintifik lebih baik dibandingkan dengan pendekatan ekspositori, (2) hasil belajar IPA siswa yang memiliki kecerdasan naturalis tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan visual-spatial rendah, (3) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan pendekatan saintifik dan tingkat kecerdasan naturalis siswa terhadap hasil belajar IPA, (4) hasil belajar IPA siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi lebih baik jika menggunakan pendekatan saintifik, (5) hasil belajar IPA siswa dengan kecerdasan naturalis rendah lebih baik jika menggunakan pendekatan ekspositori.
Uncontrolled Keywords: The result of studying the natural science, saintific approach,expository approach and high naturalistic intelligence and naturaistic intelligent low. Hasil belajar IPA, pendekatan Saintifik, pendekatan ekspositori dan kecerdasan naturalis tinggi dan kecerdasan naturalis rendah
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 23:54
Last Modified: 02 Apr 2022 23:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item