Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 7 KABUPATEN PANDEGLANG

Galuh, Bayu Purnama (2015) PENGARUH PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 7 KABUPATEN PANDEGLANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to determine the effect of using model of contextual learning and students motivation to learn the results of biology. The population of this study SMAN 7 Pandeglang totaled 498 students, with XII class consist of 4 classes, XI class consist of 5 classes and X class consist of 5 classes with two classes of science programs and 3 classes of social programs. The sampling technique used in this study is a random sampling technique with X MIA 1 and X MIA 2 classes that serve as the research sample. This research was conducted in SMAN 7 Pandeglang, conducted in October until november 2014. The research method used in this research is to design an experimental method " Posttest Only Control Design ". From the analysis of the data for the first Hipotsesis indicate that the results of the analysis indicate that T hitung of 2,560 greater than the T table at 1,304 thus H0 is rejected and H1 is accepted. The results of data analysis The second hypothesis indicates that the results of the analysis indicate that T hitung 2,560 greater than the T table at 1,304, thus H0 is rejected and H1 is accepted. The third hypothesis analysis results indicate that the results of the analysis indicate that F hitung 3,931 greater than F table of 3, thus H0 is rejected and H1 is accepted. Fourth to fifth hypothesis shows that the value of T is 1,936 greater than the T table at 1,330, thus H0 is rejected and H1 is accepted. The sixth hypothesis shows that the value of T is 3,873 greater than the T table at 1,330, thus H0 is rejected and H1 is accepted. And the last hypothesis shows that the value of T is 1,936 greater than the T table at 1,330, thus H0 is rejected and H1 is accepted

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, SholehUNSPECIFIED
Thesis advisorAsmawati, LulukUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan model pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa. Populasi dari penelitian ini siswa SMA Negeri 7 Pandeglang yang berjumlah 498 siswa dengan kelas XII berjumlah 4 kelas, kelas XI berjumlah 5 kelas dan kelas X berjumlah lima kelas dengan 2 kelas program peminatan MIA (Matematika Ilmu Alam) dan Tiga kelas program peminatan IIS (Ilmu – ilmu Sosial). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling dengan kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Pandeglang, yang dilaksanakan pada bulan oktober sampai nopember tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuntitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain “Posttest Only Control Design”. Dari hasil analisis data untuk Hipotesis pertama menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,560 lebih besar dari t vi tabel sebesar 1,304 dengan demikian H ditolak dan H diterima. Hasil analisis data Hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa t 1 hitung sebesar 2,560 lebih besar dari t sebesar 1,304 dengan demikian H 0 ditolak dan H 1 tabel diterima. Hasil analisis Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa F sebesar 3,931 lebih besar dari F tabel sebesar 3,522 dengan demikian H 0 hitung ditolak dan H diterima. Hipotesis keempat menunjukan bahwa nilai t hitung adalah 1,936 lebih besar dari t 1 yaitu sebesar 1,330 dengan demikian H 0 ditolak dan H 1 tabel diterima. Hipotesis kelima menunjukan bahwa nilai t hitung adalah 1,936 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,330 dengan demikian H ditolak dan H 1 diterima. Hipotesis keenam menunjukan bahwa nilai t adalah 3,873 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,330 dengan demikian H 0 hitung ditolak dan H diterima. Hipotesis ketujuh menunjukan bahwa nilai t hitung adalah 1,936 lebih besar dari t yaitu sebesar 1,330 dengan demikian H 0 ditolak dan H diterima.
Uncontrolled Keywords: Contextual Learning Model, Motivation in Learning, Biology Learning Outcomes Model Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Biologi Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 23:05
Last Modified: 02 Apr 2022 23:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item