Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEBON JAHE KOTA SERANG

Wahyudin, Wahyudin (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEBON JAHE KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada persoalan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama yang berakibat pada perubahan kualitis kegiatan pembelajaran siswa-siswa yang berada di Kota Serang. Banyaknya guru yang tidak memahami dengan baik ketika memilih metode yang akan dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran berdampak kepada kualitas pendidikan yang seolah-olah hanya jalan ditempat. Menghafalkan sebuah materi saat ini masih sering dilakukan dalam kegiatan pembelajran di sikolah-sekolah, padahal menghafal merupakan proses berfikir yang terendah yang dilakukan oleh manusia. Memahami merupakan bagian penting dalam sebuah proses pendidikan, makanya metode soiodrama dipilih sebagai salah satu metode yang dianggap sebagai metode yang mampu mengembangkan potensi siswa karena metode soiodrama tidak hanya menekankan pada proses menghafal saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelakasanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek berbicara dengan menggunakan metode sosiodrama di sekolah dasar negeri kebon jahe kota serang dilakukan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskritif yakni penelitian yang dilakukan dengan wajar, mendalam dan mendetail tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan subjek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kota Serang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini meliputi: pada tahap perencanaan pembelajaran bahasa indonesia melalui metode sosiodrama dilihat dari kesiapan rpp dan silabus Di SDN Kebon Jahe. telah terindikasi sangat baik. Secara umum guru memiliki kompetensi dan keterampilan dalam melaksanakan metode sosidrama pada mata pelajaran BI di SDN Kebon Jahe Berdasarkan temuan hasil penelitian ini penulis kemukakan saran yang ditunjukan kepada berbagai pihak. Bagi kepala Sekolah Dasar Negeri Kebon Jahe diharapkan untuk melihat persiapan para gurunya diharapkan selalu mengevaluasi setiap perencanaan pembelajaran yang telah dibuat. Bagi guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai metode pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Sosiodrama

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerwan F.R, Herwan F.RUNSPECIFIED
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:49
Last Modified: 02 Apr 2022 22:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item View Item