Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN MATERI NORMA PADA SISWA KELAS VII SMPN I CILELES KABUPATEN LEBAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yuliawati, Eneng (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN MATERI NORMA PADA SISWA KELAS VII SMPN I CILELES KABUPATEN LEBAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELJAR P.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Thesis, Department of Instructional Technology, Graduate School, University of Sultan Agung Tirtayasa. 2014. This research was aimed to determine the effect of STAD cooperative learning model and motivation toward learning outcomes Civics material norm in Class VII SMPN1 Cileles Lebak regency. Samples were students of class VII SMPN 1 Cileles Lebak regency of 40 students.This watchfulness kind experiment watchfulness by using watchfulness design Quasi Eksperiment.Analysis value was performed with 2 X 2 factorial ANOVA on four experimental groups, namely learning outcomes with STAD type of cooperative learning model and learning outcomes conventional learning models, a group of students learning motivation high and low. The results showed there were differences in learning outcomes Civics with STAD type of cooperative learning model and learning outcomes with conventional learning model.The results of the hypothesis test showed that: There was a difference of effect between the implementation of cooperative learning of STAD type and of Conventional learning models on learning outcomes Civics.as indicated by the value of F count= 8,074 > F table= 4,10 at the significance level of α=0.05. There was differences in Civics learning outcomes in a group of students learning motivation high and low learning motivation.as indicated by the value of Fcount= 113,095 > F table= 4.10 at the significance level of α=0.05. There was interaction effects of cooperative learning model STAD type and motivation toward learning outcomes Civics.as indicated by the value of Fcount= 5,393> F table= 4.11 at the significance level of α =0.05.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKartina, Kartina196707042002122001
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Additional Information: Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran kooperatiftipe STAD dan motivasi belajar terhadap Hasil Belajar PKn materi norma pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Cileles Kabupaten Lebak. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Cileles Kabupaten Lebak berjumlah 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Analisis data dilakukan dengan Anova Faktorial 2 X 2 terhadap empat kelompok, yaitu hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD danhasil belajar dengan model pembelajaran konensional,kelompok siswa motivasi belajar tinggi dan rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan :Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar PKn.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar PKn dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD danhasil belajar dengan model pembelajaran konvensional.Hal ini dibuktikan dari harga Fhitung= 8,074> Ftabel(α=0,05) = 4,10. Terdapat perbedaan hasil belajar PKn pada kelompok siswa motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian diperoleh Fhitung= 5,393>Ftabel(α=0,05) = 4,11. Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah terhadap prestasi belajar PKn.Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian diperoleh Fhitung= 95,134> Ftabel(α=0,05) = 410
Uncontrolled Keywords: cooperative learning model type STAD, motivation to learn, and learning outcomes. Model pembelajaran kooperatif Tipe STAD, motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:31
Last Modified: 02 Apr 2022 22:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item