Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKDANKETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INGGRISPESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 CILEGONTAHUNPELAJARAN 2014/2015

Ahyani, Ahyani (2015) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKDANKETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INGGRISPESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 CILEGONTAHUNPELAJARAN 2014/2015. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR BA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Thesis, Instructional Technology Program, Post Graduate, Sultan AgengTirtayasa University. 2015.The purpose of this research are : 1) to know thediffentiate of English learning result between student use project basedlearning model and problem based learning.2) To know the differentiateEnglish learning result between student has high skill communication andstudent has low skill communication 3) To know the influence of interactionbetween project based learning model and skill communication towardEnglish learning result.This research was carried out inSMPN 7 Cilegon in2014-2015. This research used quasi experiment method with desain istreatment by level 2x2. The independent variable in this research is a modelproject Based Learning (x 1 ) and communication skill (x ), the dependentvariable is the result studying of English (y).The result indicate that: (1) Thereis no difference in learning result English betweenProject Based LearningandProblem Based Learning, thescoreof t account 2 is1,476 and t is2.042.(2) There is difference in learning result English between student who havecommunicative skill high withstudent who have communicative skill low, thescore of t account is7,536and t is2.042(3) There is significant interactioneffect betweenProject Based Learning model andcommunication skill oflearning English result F table is 23.277 (4) There are not significantdifferences in result of learning English of Project Based Learning andcommunication skill withProblem Based Learning and high communicationskill, thescore of t account account ABSTRACT is1,618 and t = 2,210(5) There aresignificantdifference in learning result Englishwith Project Based Learning model andcommunication skill low with Problem Based Learning model andcommunication skill low, the score of t tabel is1,924. To all English teacher,we hope in teaching learning process at class, they should be used projectbased learning model as an alternative model to increase student skillcommunication andEnglish learning result

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarif, Chusaery Rusdi195212122003121001
Thesis advisorNurmayulis, Nurmayulis196311182001122001
Additional Information: Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran,Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2015. Penelitian iniBertujuan untuk : 1)Mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Inggrisantara peserta didik yang belajar menggunakan model PembelajaranBerbasis Proyek danmodel PembelajaranBerbasis Masalah.2)Mengetahuiperbedaan hasil belajar bahasa Inggrisantara peserta didik yang memilikiketerampilan komunikasi tinggi dengan peserta didik yang memilikiketerampilan komunikasi rendah.3)Mengetahui pengaruh interaksi antaramodel PembelajaranBerbasis Proyek dan keterampilan komunikasi terhadaphasil belajar bahasa Inggris.Metode penelitian yang digunakan adalaheksperimen semu (quasi experiment)dengan desain treatment by level 2x2.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran BerbasisProyek(x 1 ) danKeterampilan komunikasi(x ), variabel terikat adalahhasilbelajarBahasa Inggris (y).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)Tidakterdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggrisantara model pembelajaranBerbasis Proyekdengan model PembelajaranBerbasis Masalah,Nilai t sebesar 1,476sedangkan t tabel 2 adalah2.042(2) terdapat perbedaan hasilbelajar Bahasa Inggris antara peserta didik yang memiliki keterampilankomunikasi tinggi dengan peserta didik yang memiliki keterampilankomunikasi rendah,Nilai t hitung sebesar 7,536sedangkan t adalah2.042(3)Terdapat pengaruh interaksi yang signifikanantara model pembelajaranBerbasis proyekdanketerampilan komunikasi terhadap hasil belajar BahasaInggris,F hitung tabel sebesar 23.277 (4) tidakTerdapat perbedaanyang signifikanpadahasil belajar Bahasa Inggrismodel pembelajaranBerbasis Proyekdanketerampilan komunikasi tinggi dengan model pembelajaran BerbasisMasalah dan keterampilan komunikasi tinggi, Nilai t sebesar 1,618sedangkan besarnya t tabel hitung = 2,210 (5) tidak terdapat perbedaan yangsignifikan padahasil belajar Bahasa Inggrismodel pembelajaranBerbasisProyek danketerampilan komunikasi rendah dengan model pembelajaranBerbasis Masalahdanketerampilan komunikasi rendah,Nilai t sebesar1,924 sedangkan besarnya t = 2,210. Bagi para guru Bahasa Inggrishedaknya dalam pembelajaran di kelas diupayakan menggunkan ModelPembelajaran Berbasis Proyek sebagai salah satu alternative modelpembelajaran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajarpeserta didik
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Communication Skill, Result of LearningEnglish8 grade of SMPN 7 Cilegon Model Pembelajaran Berbasis Proyek,Keterampilan komunikasi,Hasil Belajar Bahasa InggrisSMPN 7 Cilegon kelas 8.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:00
Last Modified: 02 Apr 2022 22:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11462

Actions (login required)

View Item View Item