Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KONSTRUKSI FETISHISME KOMODITAS DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Djarum Black Cappuccino versi Perfect Ingredients)

TUBAGUS JUNDI, JUNDULLAH and Gumelar, Rangga G. and Septa, Ronny Yudhi (2018) KONSTRUKSI FETISHISME KOMODITAS DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Djarum Black Cappuccino versi Perfect Ingredients). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (TUBAGUS JUNDI JUNDULLAH NIM. 6662131693)
KONSTRUKSI FETISHISME KOMODITAS DALAM IKLAN - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tubagus Jundi Jundullah. NIM. 6662131693. Skripsi. Konstruksi Fetishisme Komoditas dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Djarum Black Cappuccino versi Perfect Ingredients) Iklan sebagai agen konstruksi mampu mengekpresikan realitas sosial sehingga membuat pencitraan, informasi dan pemaknaan dalam iklan kadang tidak sesuai dengan realitas sebenarnya. Karl Max menggunakan istilah fetishisme komoditas untuk menjelaskan kekuatan dan daya pesona pada iklan yang sesungguhnya tidak dimilikinya. Melalui pendekatan semiotika Roland Barthes peneliti mencoba menggali makna fetish yang terdapat dalam iklan Djarum Black Cappuccino versi Perfect Ingredients dengan menganalisis makna denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivis yang memandang bahwa realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang sebenarnya tetapi terbentuk dari hasil konstruksi kemudian metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Dan akhirnya, konstruksi fetishisme komoditas dalam iklan memiliki peranan yang cukup signifikan dalam meningkatkan need, want and buy dikarekan mampu menembus sisi psikologis konsumen (insight) sehingga iklan akan cepat mendapat perhatian dan diingat. Kata kunci : Iklan, Fetishisme Komoditas, Djarum Black Cappuccino, Semiotika

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Tubagus Jundi Jundullah. NIM. 6662131693. Paper. Construction of Fetishism Comodity in Advertising (Semiotic Analysis of Roland Barthes In Ad Djarum Black Cappuccino Perfect Ingredients version) Advertising as an agent of construction able to express the social reality so that to make imagery, information and meaning in ads sometimes not in accordance with the actual reality. Karl Max uses the commodity fetishism term to explain power and enchantment in ad that doesn‟t exist. Through semiotics approach by Roland Barthes, researchers try to explore the meaning of fetish contained in Djarum Black Cappuccino Advertisement, the Perfect Ingredients version by analyzing the meaning of denotation, connotation and myth. This research also uses constructivist paradigm which view that reality of social life is not the actual reality but formed as a result of construction. The method used is qualitative with descriptive research type. And finally, the construction of commodity fetishism in advertising has a significant role in increasing need, want and buy caused by penetration of the psychological side of the consumer (insight) so that ads will quickly get attention and remembered. Key word : Advertising, Fetishism Comodity, Djarum Black Cappuccino, Semiotics
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:19
Last Modified: 19 Nov 2018 02:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item