Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN PEMAHAMAN TEKS NARASI SEBAGAI BAHAN AJAR TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA SISWA KELAS X SMK YAPIPA TANGERANG SELATAN

Karina, Nina (2015) PENGARUH METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN PEMAHAMAN TEKS NARASI SEBAGAI BAHAN AJAR TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA SISWA KELAS X SMK YAPIPA TANGERANG SELATAN. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN PEMAHAMAN TEKS NARASI SEBAGAI BAHAN AJAR TE~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Reading is one of the important components in human life, because with reading the people can increase their knowledge, their mindset and their imagination. Reading is not only reads the text until finish but also the readers need to comprehend what the text about. It can be a key to absorb and comprehend the text the readers read. To be more improve the ability in reading comprehension, it is needed a method which covers the success in process of learning reading comprehension. The method used was SQ4R Method and Narrative Text as mediator to increase reading comprehension. The subject in this research was the students at tenth grade of SMK YAPIPA South Tangerang. The research used was experimental research with treatment design was 2X2. The instrument try out was analyzed used Point Biserial formula for validity test and Kuder Richarsond 20 (KR20) formula for reliability test. The test of statistical requirement consisted used Chi Square for normality test and F test for homogeneity test. To analyzed data, it was used ANAVA test two paths. The result of this research was t at significant level 0,05. For the first hypothesis, it was gained t = 11,1 and t table = 4,105. For the second hypothesis, it was gained t vi count count count > t = 8,105 and t = 4,105. For the third hypothesis, it was gained t count = 5,17 and t = 4,105 and for the fourth hypothesis, it was gained t count = 8,80 and t = 4,105. In other words, it could be concluded that all hypotheses were accepted and significant, because t count was higher than t

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman1966100552001121001
Thesis advisorMasrupi, Masrupi196310051992031009
Additional Information: Membaca adalah salah satu komponen yang penting di dalam kehidupan manusia, karena dengan membaca pengetahuan, daya pikir dan imajinasi dapat meningkat. Dalam membaca pun diperlukan membaca pemahaman yang akan menjadi kunci mencerna dan memahami apa yang dibaca. Untuk lebih meningkatkan kemampuan menbaca pemahaman, diperlukan metode yang akan menunjang keberhasilan dalam proses membaca pemahaman. Metode yang dipakai adalah metode SQ4R dan pemahaman teks narasi yang menjadi perantara untuk peningkatan membaca pemahaman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK YAPIPA Tangerang Selatan. penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain perlakuan 2X2. Uji coba instrument dianalisis menggunakan Point Beserial untuk validitas dan rumus Kuder Richardson 20 (KR 20) untuk Reliabilitas. Uji persyaratan analisis data meliputi uji normalitas data menggunakan uji Chi-Square dan Homogenitas menggunakan uji F (Fisher). Untuk teknik analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil uji penelitian adalah t hitung > t pada derajat kepercayaan 0,05. Untuk hipotesis pertama t hitung tabel = 11,1 dan t tabel vii = 4,105, hipotesis kedua t = 8,105 dan t tabel = 4,105, hipotesis ketiga adalah t hitung = 5,17 dan t = 4,105 dan hipotesis keempat adalah t hitung = 8,80 dan t = 4,105. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keempat hipotesis diterima dan signifikan, karena t hitung lebih besar dari pada t
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 21:35
Last Modified: 02 Apr 2022 21:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item