Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE KONSTRUKSI RANGSANG TARI DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KREATIVITAS SENI TARI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jatiningsih, Prasetiyo (2015) PENGARUH METODE KONSTRUKSI RANGSANG TARI DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KREATIVITAS SENI TARI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH METODE KONSTRUKSI RANGSANG DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KREATIVITAS SENI TARI PADA SISWA KELAS XI S~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This study aims to determine the effect of stimuli Dance Construction Methods and Intrapersonal Intelligence Creativity Against High school students who performed at SMAN I Serang . The population in this study were 480 students and a sample of 40 students . Data were analyzed using ANOVA two lines ( Two way ANOVA ) . The results showed : ( 1 ) There are differences between the creativity of dance students using construction methods excitatory dance with the method indicated by the assignment of F 5.697 > F table 4.10 and sig.0,022 < 0.05 ( 2 ) There are differences in creativity dance students who have high and low intrapersonal intelligence . 209.867 F count > F table 4.10 , sig . 0.000 < 0.05 ( 3 ) There is an interaction between excitatory construction methods and intrapersonal dance to dance creativity . Value of F 4,656 > Ftable of 4.11 and sig . 0.038 < 0.05 . ( 4 ) There are differences between the creativity of dance students using construction methods excitatory dance and have a high intrapersonal intelligence with students who use the method of assignment and has a high intrapersonal intelligence . 207.172 F count > F table 4.41 , sig.0,000 < 0.05 . ( 5 ) There is a difference between the creativity of dance students using construction methods excitatory dance and have a low intrapersonal intelligence assignment method and a low intrapersonal intelligence . With Fhitung 66.863 > 4.41 Ftable sig.0,000 < 0.05 . ( 6 ) There are differences in the students' creativity dance dance using construction methods and high intrapersonal intelligence with students using construction methods excitatory dance and intrapersonal intelligence is low. With 692.172 Fhitung > 4.41 Ftable sig.0,000 < 0.05 . ( 7 ) There is a difference between the creativity of dance students who use the method of assignment and has a high intrapersonal intelligence with students who use the method of assignment and has a low intrapersonal intelligence . The results showed Fhitung 845.483 > 4.41 Ftable sig . 0,000 < 0,05.Hasil this study is expected to contribute ideas about the development of teaching methods , especially for subjects Culture Art Dance field , in an effort to increase students' creativity .

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarif, Chusaery Rusdi19521212003121001
Thesis advisorArdie, Romli195612981984031002
Additional Information: Tesis, Program Studi Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Konstruksi Rangsang Tari dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kreativitas Siswa SMA yang dilakukan di SMAN I Kota Serang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 480 siswa dan sampel sebanyak 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dua jalur (Two way Anova). Hasil penelitian menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan kreativitas tari siswa antara yang menggunakan metode konstruksi rangsang tari dengan yang menggunakan metode penugasan yang ditunjukkan dengan F 5,697> F tabel 4,10 dan sig.0,022<0,05 (2)Terdapat perbedaan kreativitas tari siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi dan rendah. F hitung hitung 209,867 > F 4,10, sig. 0,000< 0,05 (3) Terdapat interaksi antara metode konstruksi rangsang tari dan kecerdasan intrapersonal terhadap kreativitas tari. Nilai F hitung 4,656 > F tabel tabel sebesar 4,11 dan sig. 0,038 < 0,05.(4)Terdapat perbedaan kreativitas tari antara siswa yang menggunakan metode konstruksi rangsang tari dan memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi dengan siswa yang menggunakan metode penugasan dan memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi. F vi hitung 207,172 > F 4,41, sig.0,000< 0,05.(5)Terdapat perbedaan kreativitas tari antara siswa yang menggunakan metode konstruksi rangsang tari dan memiliki kecerdasan intrapersonal rendah dengan metode penugasan dan kecerdasan intrapersonal rendah. Dengan F 4,41 sig.0,000<0,05. (6)Terdapat perbedaan kreativitas tari siswa yang menggunakan metode konstruksi tari dan kecerdasan intrapersonal tinggi dengan siswa yang menggunakan metode konstruksi rangsang tari dan kecerdasan intrapersonal rendah. Dengan F hitung 692,172 > F tabel hitung 4,41 sig.0,000< 0,05.(7)Terdapat perbedaan kreativitas tari antara siswa yang menggunakan metode penugasan dan memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi dengan siswa yang menggunakan metode penugasan dan memiliki kecerdasan intrapersonal rendah. Hasil penelitian menunjukkan F 4,41 sig. 0,000< 0,05.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran mengenai pengembangan metode pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Tari, dalam upaya peningkatan kreativitas siswa.
Uncontrolled Keywords: Creativity Dance , Dance Stimulate Construction methods , Intrapersonal Intelligence Kreativitas Tari,metode Konstruksi Rangsang Tari, Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 21:19
Last Modified: 02 Apr 2022 21:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11453

Actions (login required)

View Item View Item