Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA GAMBAR FLASHCARDDAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILANBERBICARA BAHASASUNDA

Novianti, Santi (2014) PENGARUH MEDIA GAMBAR FLASHCARDDAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILANBERBICARA BAHASASUNDA. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGARUH MEDIA GAMBAR FLASHCARD DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHAS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of media images on a flashcard and mastery vocabulary to Sundanese speaking skills. The population in this study were all children in TK Secapa Kartika XVI AD Bandung consisting of 3 classes with the sample in this study is class B1 and B2. Where the research was conducted in TK Kartika XVI - I Secapa AD Bandung. The process of research carried out in 5 months, starting from trials measuring instrument used to test the feasibility of drawing media instruments flashcards to finish a thesis statement. The method used in the study is the experimental method chosen experimental design was a factorial design. Analysis of the data used is descriptive analysis and verification analysis. Descriptive analysis particularly for qualitative variables while the second form of analysis verivikatif hypothesis testing using statistical tests. The results of the study showed that there are significant influence between images on a flashcard and mastery vocabulary to Sundanese speaking skills TK Kartika XVI - I Secapa AD Bandung children

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorFaturrohman, Nandang195807211986101001
Additional Information: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media gambar flashcard dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara Bahasa Sunda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Kartika XVI-I Secapa AD Kota Bandung yang terdiri dari 3 kelas dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 dan B2. Tempat penelitian dilaksanakan di TK Kartika XVI – I Secapa AD Kota Bandung. Proses penelitian dilaksanakan dalam waktu 5 bulan, dimulai dari uji coba alat ukur yang digunakan untuk menguji kelayakan instrumen media gambar flashcard sampai menyelesaikan laporan tesis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen yang dipilih adalah desain faktorial (Factorial Design). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis deskriptif khususnya bagi variabel yang bersifat kualitatif sedangkan yang kedua analisis verivikatif berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media gambar flashcard dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara Bahasa Sunda anak TK Kartika XVI – I Secapa AD Kota Bandung
Uncontrolled Keywords: edia image flashcards, vocabulary, conversation skills, Sundanese language, kindergarten media gambar flashcard, penguasaan kosakata, keterampilan berbicara, bahasa sunda
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Apr 2022 11:17
Last Modified: 02 Apr 2022 11:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item View Item