Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD

Karlina, Lina and Suherman, Suherman and Sjaifuddin, Sjaifuddin (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Instructional Research Journal, 6 (2). pp. 106-117. ISSN 2356-2110

[img] Text
26. din_JTPPm_aktivitas belajar.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan (1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar tinggi dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar tinggi, (5) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar rendah dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar rendah. Sampel pada penelitian ini kelas V, kelas A sebagai eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x2 Secara sederhana desain penelitian eksperimen Pemilihan kelas tersebut karena kelas V nilai rata-rata mata pelajaran IPA lebih rendah. dianalisis melalui Uji–F diperoleh Fhitung = 5,531 jika dikonsultasikan pada Ftabel pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan 48, diperoleh Ftabel = 1,68. Karena F(hitung)> F(tabel), maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar , Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Sjaifuddin Sjaifuddin
Date Deposited: 04 Apr 2022 10:52
Last Modified: 04 Apr 2022 10:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item View Item