Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN HUMAS DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA TANGERANG DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA SITU CIPONDOH DI ERA NEW MEDIA (Studi Kasus Pengelolaan Website, Instagram dan Tangerang TV)

RACHMAN, RIEZKY SIAM and Rahmawati, Rahmawati and Nesia, Andin (2018) PERAN HUMAS DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA TANGERANG DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA SITU CIPONDOH DI ERA NEW MEDIA (Studi Kasus Pengelolaan Website, Instagram dan Tangerang TV). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (RIEZKY SIAM RACHMAN NIM : 6662111490)
Skripsi RIEZKY SIAM RACHMAN (6662111490) - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Riezky Siam Rachman. NIM. 6662111490. 2018. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Skripsi. Peran Humas Disbudpar Kota Tangerang Dalam Mempromosikan Wisata Situ Cipondoh di Era New Media (Studi Kasus Pengelolaan Website, Instagram dan Tangerang TV). Pembimbing I: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II: Andin Nesia, S.IK, M.I.Kom Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang dalam menjalankan promosi, pemanfaatan new media dan new media yang efektif dalam promosi objek wisata Situ Cipondoh. Teori menggunakan teori peran humas menurut Ruslan, meliputi peran sebagai komunikator, menjalin kerjasama, pendukung manajemen dan membentuk citra objek wisata Situ Cipondoh. Metode penelitian menggunakan kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan membercheck. Hasil penelitian diketahui peran sebagai komunikator dengan cara menpenyebarkan berita atau informasi dan menyiapkan data atau informasi publisitas, peran dalam membina kerjasama untuk menguatkan peran atau tugas dari pihak yang terlibat, dan rencana memperluas kerjasama terkait promosi, peran sebagai pendukung manajemen dapat mengelompokkan permasalahan pengelolaan dan promosi dan menyerap keinginan wisatawan, peran membentuk citra objek wisata dengan cara bekerja sama dengan Tangerang TV dan situs website dan Instagram dalam membentuk citra sebagai objek wisata unggulan di Kota Tangerang, pemanfaatan new media untuk promosi saat ini dengan website dan Instagram serta kerjasama dengan Tangerang TV sebagai alat promosi, New media yang paling efektif dalam promosi objek wisata adalah Instagram. Saran penelitian adalah menjalin kerjasama dengan pengelola hotel dan biro perjalanan wisata dan memperbaharui dokumentasi foto terkait publisitas di instagram dan promosi di Tangerang TV. Kata Kunci : Peran Humas, Wisata Situ Cipondoh, New Media, Disbudpar Kota Tangerang.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Riezky Siam Rachman. NIM. 6662111490. 2018. Communication Studies Program University of Sultan Ageng Tirtayasa. Essay. The Role of Public Relations Disbudpar Tangerang City Government In Promoting Situ Cipondoh Tour in New Media Era (Case Studies Website Management, Instagram and Tangerang TV). Advisor I: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si and Advisor II: Andin Nesia, S.IK., M.I.Kom This study aims to determine the role of public relations Department of Culture and Tourism Tangerang City in running promotions, utilization of new media and new media that is effective in the promotion of Cipondoh Situ attractions. Theory uses the theory of public relations role according to Ruslan, including the role as a communicator, build cooperation, support management and form the image of Situ Cipondoh tourism object. The research method used qualitative. Test data validity using source triangulation technique and membercheck. The result of research is known to be role as communicator by way of spreading news or information and preparing data or publicity information, role in fostering cooperation to strengthen role or duty of party involved, and plan to expand cooperation related promotion, role as supporter of management can group management problem and promotion and absorb tourist desires, the role of forming the image of a tourist attraction by working together with Tangerang TV and website and Instagram website in forming the image as a leading tourist attraction in Tangerang City, the utilization of new media for current promotion with website and Instagram and cooperation with Tangerang TV as promotional tool, New media most effective in the promotion of tourist attraction is Instagram. The research suggestions are to establish cooperation with hotel managers and travel agents and to update the publicity related photo documentation on instagram and promotion in Tangerang TV. Keywords : The role of Public Relations, Situ Cipondoh Tourism, New Media, Disbudpar City of Tangerang.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:48
Last Modified: 15 Nov 2018 02:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item