Hermawati, Susi (2014) KAJIAN PERSPEKTIF FEMINIS DALAM NOVEL LASKAR PELANGI SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP PGRI JATIUWUNG KOTA TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
KAJIAN PERSPEKTIF FEMINIS DALAM NOVEL LASKAR PELANGI SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP PGRI JATIUWUNG KOT.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
The Study of Feminist Perpective on Novel Laskar Pelangi as Materials at SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. Indonesian Education Studies Program. Graduate University of Sultan Ageng Tirtayasa. 2014. Research study on novel Laskar Pelangi aims to describe the feminist perspective that build the story in the novel Laskar Pelangi. It also describes teaching material to the study of feminist perspective at SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. The research was conducted in novel category of Laskar Pelangi the works of Andrea Hirata then is it formed intro a research corpus. This study commenced in January to July 2014. In this study, researchers used a qualitative approach. The method used in this research is a method of content analysis. While the approach used in the research literature using objective approach. Objective of teaching materials chosen because of the material that will be presented related to the intrinsic and ectrinsic elements of literature. The result of the content analysis in Laskar Pelangi, showing is form of social reality contained in people’s live. The injustice against women raises feminist consciousness, to change the condition of their downturnwithin the indigenous community. Novel Laskar Pelangi meets elibility to serve as teaching material at SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. The result of this study found that educational values are generally found in the literature, especially prose type. Based on the perpective of feminist studies, the researchers recommend the novel Laskar Pelangi meets the eligibility to serve as teaching material at SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. The other consideration is that the novel is very strong with the value of education in accordance with the spirit of the struggle
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kajian Perspektif Feminis Dalam Novel Laskar Pelangi Sebagai Bahan Ajar Di SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Sultan Agung Tirtayasa. 2014. Penelitian terhadap novel Laskar Pelangi bertujuan untuk mendeskripsikan kajian perspektif feminis di SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan pada kategori novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata kemudian dijadikan korpus penelitian. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli 2014. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Sedangkan pendekatan yang digunakan peneliti dalam melakukan kajian terhadap karya sastra menggunakan pendekatan objektif. Pendekatan objektif mencoba menempatkan karya sastra secara adil berdasarkan teks sastra. Bahan ajar objektif dipilih karena materi yang akan disampaikan berkenaan dengan unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik karya sastra. Hasil analisis isi (content analysis) dalam novel Laskar Pelangi menunjukkan bahwa bentuk sosial yang terdapat dalam realita kehidupan masyarakat. Ketidakadilan masyarakat ketidakadilan terhadap perempuan memunculkan kesadaran feminis, untuk mengubah kondisi keterpurukan perempuan dalam lingkup adat dan masyarakat. Novel Laskar Pelangi memenuhi kelayakan untuk dijadikan bahan ajar di SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. Hasil penemuan ini nilai-nilai pendidikan yang pada umumnya terdapat dalam karya sastra terutama jenis prosa. Berdasarkan hasil kajian perspektif feminis, peneliti merekomendasikan novel Laskar Pelangi memenuhi kelayakan untuk dijadikan sebagai bahan ajar di SMP PGRI Jatiuwung Kota Tangerang. Adapun pertimbangan lainnya adalah bahwa novel tersebut sangat kental dengan nilai-nilai pendidikan yang sesuai dengan semangat perjuangan. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | a feminist perspective and instructional materials. perspektif feminis dan bahan ajar | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2022 23:09 | |||||||||
Last Modified: | 31 Mar 2022 23:09 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11329 |
Actions (login required)
View Item |