Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG

ILYATUNNAUROH., ILYATUNNAUROH. (2014) HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to investigate the effect of principal’s leadership attitude and teacher’s competence toward student’s achievement of Junior High State Schools in Bojonegara Serang. The data are collected by using questionnaires. The approach used to answer the reseach problems in this study is descriptive analysis. Furthermore, the populations are teachers, staff, and students of Junior High State Schools in Bojonegara Serang. Therefore, sixty three (63) teachers and sixty three (63) students are chosen to be the respondents of this reseach. Next, T-test is used in the process of analyzing the data. The method used is pearson product moment correlation analysis and double correlation. The result reveals that: (1) There is a significant correlation betwen principal’s leadership attitude and student’s achievement, as shown by the result of the T-test, i.e. (3,4), which is higher or the same as T-table, i.e. (3,4). (2) There is a significant correlation betwen teacher’s competence and student’s achievement, as shown by the result of the T-test, i.e. (3,7), which is higher than T-table, i.e. (3,4). (3) There is a signif There is a significant correlation betwen principal’s leadership attitude and teacher’s competence toward student’s achievement, as shown by the result of the Ftest, i.e. (9,5), which is higher than F-table, i.e. (3,1). All in all, this present study suggests the principal’s to keep and anhance the teacher’s competence to be professionals. Additionally, teacher’s competence should be improved to increase the student’s achievement.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarifudin, Encep196504041993031002
Thesis advisorSulaeman, Fatah196810062001121002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa pada SMP Negeri Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab pertanyaan penelitian, maka tesis ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Pendekatan yang dimanfaatkan dalam studi ini adalah deskriptif analisis sesuai dengan tujuan penelitian yang tercermin pada permasalahan yang telah dirumuskan. Adapun populasi yang dijangkau penelitian ini adalah seluruh guru, staff dan siswa di SMP Negeri Bojonegara Kabupaten Serang, dengan mengambil masing-masing 63 guru dan siswa sebagai sample. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai t hitung (3,4) yang lebih besar atau sama dengan t tabel (3,4). (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai t hitung (3,7) yang lebih besar dari t tabel (3,4). (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai F hitung (9,5) yang lebih besar dari F tabel (3,1). Atas dasar temuan-temuan di atas, penelitian ini menyarankan kepada kepala sekolah agar selalu mempertahankan dan meningkatkan kompetensi guru agar dapat menjadi guru yang profesional. Dan penelitian ini juga menyarankan agar kompetensi guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Uncontrolled Keywords: Leadership Attitude, Competence, and Achievement Perilaku Kepemimpinan, Kompetensi dan Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 21:07
Last Modified: 31 Mar 2022 21:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item