Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

OPTIMASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOW MENGGUNAKAN BINARY INTEGER PROGRAMMING (Studi Kasus di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cilegon)

Sutrisno, Dwi (2014) OPTIMASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOW MENGGUNAKAN BINARY INTEGER PROGRAMMING (Studi Kasus di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cilegon). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
OPMTIMASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOW MENGGUNAKAN BINARY INTEGER PROGRAMMING.pdf
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (3MB)
Official URL: https://ft.untirta.ac.id

Abstract

The development of a region characterized increasing the community in the area, this is also increasing the daily activities in the environment. So physically can be seen from waste generated. Waste transportation is a sub-system that targeted to carrying trash from the location or the removal of waste sources directly to Landfill (TPA). This Research aims to determine the route of waste transportation by armroll in Cilegon city with Vehicle Routing Problem (VRP) method with time window constraint. Locations that are transported total 36 locations and total armroll vehicle available is 10 units. This research uses the model formulation of Binary Integer Programming to solve existing problems. This formulation is done by determining the objective function is to minimize the completion time of vehicle with time window of each vehicle is 420 minutes reduced the travel time from landfill to depot for 53 minute, so time window constraint of vehicle is 367 minute. The result of WinQSB software generates routes for 10 vehicles which do not exceed the time window. Vehicle 1 capable to visit 4 TPS locations with completion time 360 minutes. Vehicle 2 capable to visit 4 TPS locations with completion time 361.4 minutes. Vehicle 3 capable to visit 4 TPS locations with completion time 358.4 minutes. Vehicle 4 capable to visit 3 TPS locations with completion time 345 minutes. Vehicle 5 capable to visit 3 TPS locations with completion time 322.8 minutes. Vehicle 6 capable to visit 3 TPS locations with completion time 323.4 minutes. Vehicle 7 capable to visit 3 TPS locations with completion time 327 minutes. Vehicle 8 capable to visit 3 TPS locations with completion time 345 minutes. Vehicle 9 capable to visit 4 TPS locations with completion time 365 minutes. Vehicle 10 capable to visit 5 TPS locations with completion time 365.8 minutes. Keywords : Route, Vehicle Routing Problem, VRPTW, Integer Linear Programing, Binary Integer Programming, Model Formulation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAdha Ilhami, M198010202006041004
Thesis advisorFebianti, Evi197905022003122001
Additional Information: Perkembangan suatu daerah ditandai bertambahnya masyarakat pada suatu daerah tersebut, demikian pula bertambahnya aktifitas keseharian di dalam lingkungannya. Sehingga secara fisik dapat terlihat dari sampah yang dihasilkan. Transportasi sampah adalah sub-sistem persampahan yang bersasaran membawa sampah dari lokasi pemindahan atau dari sumber sampah secara langsung menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Penelitian ini bertujuan menentukan rute pengangkutan sampah Kota Cilegon oleh armroll dengan metode Vehicle Routing Problem (VRP) dengan batasan waktu (Time Window). Titik yang diangkut berjumlah 36 titik dan jumlah kendaraan armroll yang tersedia adalah 10 unit. Penelitian ini menggunakan formulasi model Binary Integer Programming untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Formulasi ini dilakukan dengan cara menetapkan fungsi tujuan yaitu meminimasi waktu tempuh kendaraan dengan batasan waktu kerja tersedia dari setiap kendaraan adalah 420 menit dikurangi waktu tempuh kendaraan dari TPA ke depot selama 53 menit, sehingga batasan waktu kerja yang tersedia adalah 367 menit (Time Window). Hasil perhitungan dengan bantuan software WinQSB menghasilkan rute untuk 10 kendaraan yang tidak melebihi waktu kerja tersedia. Kendaraan 1 mampu mengunjungi 4 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 360 menit. Kendaraan 2 mampu mengunjungi 4 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 361.4 menit. Kendaraan 3 mampu mengunjungi 4 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 358.4 menit. Kendaraan 4 mampu mengunjungi 3 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 345 menit. Kendaraan 5 mampu mengunjungi 3 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 322.8 menit. Kendaraan 6 mampu mengunjungi 3 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 323.4 menit. Kendaraan 7 mampu mengunjungi 3 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 327 menit. Kendaraan 8 mampu mengunjungi 3 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 345 menit. Kendaraan 9 mampu mengunjungi 4 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 365 menit. Kendaraan 10 mampu mengunjungi 5 lokasi TPS dengan total waktu tempuh 365.8 menit. Kata Kunci : Rute, Vehicle Routing Problem, VRPTW, Integer Linear Programing, Binary Integer Programming, Formulasi Model.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rute, Vehicle Routing Problem, VRPTW, Integer Linear Programing, Binary Integer Programming, Formulasi Model Keywords : Route, Vehicle Routing Problem, VRPTW, Integer Linear Programing, Binary Integer Programming, Model Formulation.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 15:55
Last Modified: 31 Mar 2022 15:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item