Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

NILAI TAMBAH DIVERSIFIKASI PRODUK HASIL OLAHAN SALAK (Suatu Kasus pada UKM Makmur Jaya di Desa Curug Sulanjana Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang Provinsi Banten)

Putra Laksana, Erwin (2015) NILAI TAMBAH DIVERSIFIKASI PRODUK HASIL OLAHAN SALAK (Suatu Kasus pada UKM Makmur Jaya di Desa Curug Sulanjana Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang Provinsi Banten). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
NILAI TAMBAH DIVERSIFIKASI PRODUK HASIL OLAHAN SALAK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (3MB)

Abstract

Snake fruit is an agriculture commodity in Kabupaten Serang which has given the income contribution for partly farmers in there. This fruit has the astringent taste which influenced the price of this fruit until Rp. 1000/kg (very low price). Caused by that reason, the snake fruit farmers encouraged to raise the price of them product by making the diversification product of this fruit, those are dodol and sirup. The purposes of this research are to know the value added from the snake fruit diversification (dodol and sirup) and to analyze the bigger value added between dodol and sirup. The object of this research is the artisan of dodol and sirup. To analyze the value added from the snake fruit diversifications is by using Hayami method. Based on the analysis by using Hayami method, obtained the value added from dodol as big as Rp. 9.680,42/kg materials even from sirup is Rp 6.061,61/kg materials. The bigger value added from the snake fruit diversification is from dodol, which from that product obtained the value added as big as Rp 9.680,42/kg materials. Keywords: added value, snake fruit, food diversifications.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBukhari, Ahmad197105272005011001
Thesis advisorSulaeni, Sulaeni196901312001121001
Additional Information: Buah salak merupakan salah satu komoditas pertanian di Kabupaten Serang yang telah memberikan sumbangan terhadap pendapatan keluarga petani. Buah salak Serang mempunyai rasa yang khas terutama dalam rasa sepat. Rasa sepat ini menjadikan orang kurang berminat untuk menikmatinya sehingga harga jualnya sangat rendah hanya mencapai Rp. 1000/kg. Sistem penjualan buah salak segar ke pasar semestinya perlu dikurangi dengan melakukan diversifikasi pengolahan. Beberapa bentuk olahan salak yang cukup sederhana dan memiliki potensi pasar yang cukup baik adalah sirup salak dan dodol salak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis nilai tambah yang diperoleh dari diversifikasi produk olahan salak menjadi dodol dan sirup serta menganalisis produk dari diversifikasi produk olahan salak menjadi dodol dan sirup yang menghasilkan nilai tambah yang paling besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu perajin produk hasil olahan buah salak di Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung dan dengan kuesioner yang diisi langsung oleh peneliti sesuai dengan hasil wawancara yang diperoleh dari perajin olahan salak. Sedangkan alat analisisnya menggunakan metode Hayami (1987). Nilai tambah yang diperoleh dari hasil pengolahan salak menjadi dodol adalah sebesar Rp 9.680,42/kg bahan baku, sedangkan hasil pengolahan salak menjadi sirup adalah sebesar Rp 6.061,61/kg bahan baku. Dengan membandingkan nilai tambah dari kedua produk hasil olahan salak di atas, dapat dikatakan bahwa produk hasil olahan salak yang memberikan nilai tambah paling tinggi adalah olahan berupa dodol dengan nilai tambah sebesar Rp 9.680,42/kg bahan baku.
Uncontrolled Keywords: Keywords: added value, snake fruit, food diversifications
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Apr 2022 10:56
Last Modified: 04 Apr 2022 10:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item View Item