Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH 1 CILEGON TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yulianingsih, Tuti (2015) HUBUNGAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH 1 CILEGON TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HUBUNGAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARAS.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This thesis aims is find out whether there is correlation among the student’s interest to study Indonesian language, vocabulary mastery with the skill in narrative writing of SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon students, grade XI. This research use correlation technique because it is suitable to collect information and data that are used to know the correlation among dependent variable the skill in narrative writing (Y) and independent variable the student’s interest to study Indonesian language (X 1 ) and vocabulary mastery (X ). Data collection method used is the method of testing and observation methods were then analyzed to formulate the research. Based on the result by the research , the conclusion shows that (1) there is significant correlation between the student,s interest to study Indonesian language with the skill in narrative writing, grade XI of SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon student, with the coefificient correlation r y1 vi 2 = 0,882 and the equation regression Y = 5,653 + 1.264X known that the value t hitung 13.746 and t test two side with dk (dk = 56 – 2 = 54) for α = 1% amount 2,670,and α = 5% amount 2,005. tabel (2) There is significant correlation between vocabulary mastery with the skill in narrative writing grade XI of SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon student, with the coefificient correlation r y2 = 0,356, and the equation regression Y = 53,895 + 0,899X , known that the value t hitung 2,800 and t test two side with dk (dk = 56 – 2 = 54) for α = 1% amount 2,670,and α = 5% amount 2,005. (3) There is significant correlation between the student’s interest to study Indonesian language and vocabulary mastery with the skill in narrative writing, grade XI of SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon student, with the coefificient plural correlation r y12 tabel = 0,892, and the plural eguation regression Y = 4.275 + 1,213X + 0,349X 2 , known that the value F gained by to table F with df 1 hitung = 2 and df 2 amount 103.135, mean while F = 53 then F = 3,172. Because the value F hitung > F tabel tabel (103.135 > 3,172). Based on the findings, this research concluded that the skill in narrative writing sentence ability could be promoted by improving of student’s interest to study Indonesian language and mastery vocabulary.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorMasrupi, Masrupi196310051992031009
Additional Information: Tesis ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional. Teknik ini dianggap sesuai untuk mengumpulkan informasi atau data yang dipakai guna menentukan hubungan antara variabel terikat, yaitu keterampilan menulis narasi (Y) dengan variabel bebas, yaitu minat belajar bahasa Indonesia (X ) dan penguasaan kosakata (X ). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi yang kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon, dengan koefisien korelasi r 2 = 0,882, dan persamaan regresi Y = 5,653 + 1.264X 1, diketahui bahwa nilai t y1 hitung 13.746 dan t uji dua pihak dengan dk (dk = 56 – 2 = 54) untuk α = 1% sebesar 2,670,dan α = 5% sebesar 2,005. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon, dengan koefisien korelasi r y2 vii tabel = 0,356, dan persamaan regresi Y = 53,895 + 0,899X 2, diketahui bahwa nilai t hitung 2,800 dan t uji dua pihak dengan dk (dk = 56 – 2 = 54) untuk α = 1% sebesar 2,670,dan α = 5% sebesar 2,005 (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan keterampilan menulis narasi siswa siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 1 Cilegon, dengan koefisien korelasi jamak R y12 tabel = 0,892, dan persamaan regresi jamak Y = 4.275 + 1,213X 1 + 0,349X 2 diketahui bahwa nilai F sebesar 103.135, sedangkan F tabel diperoleh melalui tabel F dengan df 1 hitung = 2 dan df = 53 maka F tabel = 3,172. Oleh karena nilai F hitung > F (103.135 > 3,172). Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata
Uncontrolled Keywords: the student,s interest to study Indonesian language, mastery vocabulary and the skill in narrative writing Minat belajar bahasa Indonesia, penguasaan kosakata dan keterampilan menulis narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 15:14
Last Modified: 31 Mar 2022 15:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11303

Actions (login required)

View Item View Item