Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KONSTRUKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DALAM IKLAN PT MASPION GROUP VERSI IRMAN GUSMAN

ATMAJA, MOCHAMAD ADAM and Gumelar, Rangga G. and Septa, Ronny Yudhi (2018) KONSTRUKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DALAM IKLAN PT MASPION GROUP VERSI IRMAN GUSMAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (MOCHAMAD ADAM ATMAJA NIM. 6662132227)
KONSTRUKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DALAM IKLAN PT MASPION GROUP VERSI IRMAN GUSMAN - Copy.pdf - Published Version

Download (905kB) | Preview

Abstract

Mochamad Adam Atmaja, NIM. 6662132227. Skripsi. Konstruksi Sosial Etnis Tionghoa dalam Iklan PT Maspion Group Versi Irman Gusman. Pembimbing I: Dr. Ing. Rangga Galura G,M.Si. Pembimbing II: Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom, M.Si. Iklan PT Maspion Group versi Irman Gusman menayangkan iklan yang menampilkan etnis tinghoa, etnis pribumi, dan pejabat pemerintah didalamnya, kemudian makna pesan apa yang sesungguhnya terdapat dalam iklan tersebut dan bagaimana bila dilihat dari realitas sosial di masyarakat. Oleh karena itu , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan yang dikonstruksi didalam iklan PT Maspion Group dalam lima kode semiotika Roland Barthes, kode heurmeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proairetik, dan kode gnomik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis lima kode semiotika Roland Barthes serta teori Realitas dan konstruksi sosial Peter L. Berger dengan pendekatan kualitatif dalam paradigma konstruktivis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam: (1) Kode Heurmeneutik, keakraban yang ditunjukan oleh tokoh etnis tionghoa, pejabat pemerintah dan etnis pribumi didalamnya adalah bentuk kondisi yang harmonis antara etnis dan pemerintahan. (2) Kode Semik, batik yang dipakai tokoh etnis tionghoa, aksentuasi tionghoa, dan pejabat pemerintah sebagai legalitas dalam menyatakan etnis tionghoa bagaian dari Indonesia yang perlu dicintai. (3) Kode Simbolik, kemeja batik, panci merah, dan jam tangan emas yang menandakan kemakmuran dan kesejahteraaan yang ada di Indonesia. (4) Kode Proairetik, senyuman yang ditampilkan oleh tiap tokoh dalam iklan PT Maspion Group yang mengacu pada hubungan yang baik antar etnis dan pemerintah dan gerakan mengangkat panci merah yang mengacu pada tindakan mengangkat keinginan kondisi yang makmur dan sejahtera (5) Kode Gnomik. kemeja motif batik yang dikenakan oleh tokoh tionghoa merupakan representasi dari konstruksi iklan yang berupaya menyampaikan pesan bahwa etnis tionghoa adalah bagian dari bangsa Indonesia. Kata Kunci: Iklan Televisi, PT Maspion Group, Etnis Tionghoa, Realitas dan Konstruksi Sosial, Semiotika Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Mochamad Adam Atmaja, NIM. 6662132227. Thesis. Social Construction of Chinese Ethnic in Advertisement of PT Maspion Group Irman Gusman Version. Supervisor I: Dr. Ing. Rangga Galura G, M.Si. Advisor II: Ronny Yudhi Septa Priana, S.I.Kom, M.Si. PT Maspion Group's ads Irman Gusman Version show ads featuring ethnic tinghoa, indigenous ethnic, and government officials therein, then what the message really means in the ad and how when viewed from social reality in society. Therefore, this study aims to find out the messages constructed in the Maspion Group advertisement in five Roland Barthes semiotics code, heurmeneutic code, semic code, symbolic code, proairetik code, and gnomik code. The method used in this research is the method of analysis of five Roland Barthes semiotics code as well as the theory of reality and social construction Peter L. Berger with a qualitative approach in constructivist paradigm. Based on the results of research indicates that in: (1) Heurmeneutik Code, familiarity shown by ethnic Chinese figures, government officials and indigenous ethnic in it is a harmonious form of condition between ethnic and government. (2) Semic Code, batik used by ethnic Chinese figures, Chinese accusation, and government officials as legality in declaring Chinese ethnic part of Indonesia that need to be loved. (3) Symbolic codes, batik shirts, red pans, and gold watches indicating prosperity and prosperity that exist in Indonesia. (4) Proairetic Code, the smile displayed by each character in the advertisement of PT Maspion Group which refers to the good relationship between ethnicity and government and the movement raises a red pot which refers to the act of promoting the wishes of a prosperous and prosperous condition (5) Gnomik Code. batik motif shirts worn by Chinese figures is a representation of the construction of advertising that seeks to convey the message that ethnic Chinese are part of the Indonesian nation. Keywords: Television Ads, PT Maspion Group, Chinese Ethnic, Social Reality and Construction, Semiotics Roland Barthes.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Nov 2018 06:21
Last Modified: 14 Nov 2018 06:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item