Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH,MOTIVASI GURU DAN IKLIM KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGANINTERNALSMPDI KOTA SERANG

Kusuma, Vina Vijaya (2015) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH,MOTIVASI GURU DAN IKLIM KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGANINTERNALSMPDI KOTA SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU DAN IKLIM KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL SMP DI K~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Internal customer satisfaction represent one of indication that created primaservice a education institute. Target of this research is to know: (1) therelationship which are positive and signifikan between leadership style ofheadmaster by parsial with Internal customer satisfaction; (2) The relationwhich are positive and signifikan between teacher work motivation by parsialwith Internal customer satisfaction; (3) the relationship which are positive andsignifikan between workclimate by parsial with Internal customer satisfaction;(4) the relationship which are positive and signifikan between leadership styleof headmaster, teacher work motivation and work climate by simultan withInternal customer satisfaction in town of Serang . This Research useapproach of correlation study with population of junior high schools in town ofSerang, and sampel taken by purposive sampling counted 153 people.Variable in this penelitain consist of three free variable that is: leadership styleof headmaster (X 1 ), teacher work motivation (X v 2 ), work climate (X ) and onevariable tied that is: internal customer satisfaction(Y).Data collected by usinga questionnaire. The data were collected then analyzed by using technique ofanalysis simple correlation data, double correlation, significance test,coefficient of determinasi, simple regresi and double regresi constructivelySPSS ver 21.The result showed that: (1) there are relation which are positiveand signifikan between leadership styleof headmaster (X ) by parsial withinternal customer satisfaction with correlation value 0,677 and value ofsignifikasi < 0,05; (2) there arerelation which are positive and signifikanbetween teacher work motivation (X 2 1 ) by parsial with internal customersatisfaction with correlation value 0,349andvalue of signifikasi < 0,05; (3)there are relation which are positive and signifikan between work climate (X )by parsial with internal customer satisfaction with correlation value 0,591 andvalue of signifikasi < 0,05; (4) there are relation which are positive andsignifikan between leadership style of headmaster (X ) teacher workmotivation (X 2 ) and work climate (X 3 1 ) by simultan with internal customersatisfaction with correlation value 0,767 and value of signifikasi< 0,05

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarif, Chussaery Rusdi195212122003121001
Thesis advisorHosnan, Muhammad195511181982031002
Additional Information: Kepuasan pelanggan internal merupakan salah satu indikasi bahwa terciptapelayanan yang prima disebuah lembaga pendidikan. Tujuan penelitian iniadalah Untuk mengetahui: (1) hubungan yangpositif dan signifikan antaragaya kepemimpinan kepala sekolah secara parsial dengan kepuasanpelanggan internal; (2) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasikerja guru secara parsial dengan kepuasan pelanggan internal; (3) hubunganyang positif dan signifikan antara iklim kerjasecara parsial dengan kepuasanpelanggan internal; (4) hubungan yang positif dan signifikan antara gayakepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan iklim kerja secarasimultan dengan kepuasan pelanggan internal di SMP Kota Serang.Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasi dengan populasi SMPdi Kota Serang, dan sampel diambil secarapurposive samplingsebanyak153 orang. Variabel dalam penelitain ini terdiri atas tiga variabel bebas yaitu:gaya kepemimpinan kepala sekolah (X iv 1 ), motivasi kerja guru (X ), iklim kerja(X ) dan satu variabel terikat yaitu: kepuasan pelanggan internal (Y).Pengumpulan data dilakukan dengan alat kuesioner. Hasil pengumpulan dataselanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data korelasi sederhana,korelasi ganda, uji signifikansi, koefisien determinasi, regresi sederhana danregresi ganda dengan bantuan SPSS ver 21.Hasil penelitian menunjukkanbahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gayakepemimpinan kepala sekolah (X 3 ) secara parsial dengan kepuasanpelanggan internal dengan nilai korelasi 0,677dan nilai signifikasi < 0,05; (2)terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja guru (X 1 )secara parsial dengan kepuasan pelanggan internal dengan nilai korelasi0,349dan nilai signifikasi < 0,05; (3) terdapat hubungan yang positif dansignifikan antara iklim kerja (X ) secara parsial dengan kepuasan pelangganinternal dengan nilai korelasi 0,591dan nilai signifikasi < 0,05;(4) terdapathubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepalasekolah (X 1 3 ) motivasi kerja guru (X 2 ) dan iklim kerja (X ) secara simultandengan kepuasan pelanggan internal dengan nilai korelasi 0,767 dan nilaisignifikasi < 0,05.
Uncontrolled Keywords: Internal customer satisfaction, leadership style of headmaster,teacher work motivation, work climate Kepuasan pelanggan internal, gaya kepemimpinan kepalasekolah, motivasi kerja guru, iklim kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:55
Last Modified: 31 Mar 2022 13:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item