Pandu Febriana, Laras (2016) PERAN ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TAYANGAN UNTUK ANAK (Survei Pada Orangtua Di Perumahan Sari Bumi Indah RW 018 Tangerang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TAYANGAN UNTUK ANAK.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Audience, especially the children, are very vulnerable to absorb everything that seen in television, so that they need guidance from parents who knows and understand the effects of television in the form of interpersonal communication between parents and children. The results of the study of Iriantara (2006:217) shows some of the concerns of the citizens against the impact of television, which arose from the experience of consuming the contents of mass media by the parent. That experience can become the basic for developing the capabilities of the media literacy of parents towards the child. The purpose of this study was to determine how much the role of parents when choosing a show that suitable for children and how much that decision affect the children. However this research was inspired by The Role Theory from Biddle and Thomas. In Role Theory, the actor should play as particular character and expected to behave in a certain manner, which is can be associated with someone’s position in society. By using the supporting theory of Uses and Gratifications Theory from Blummer and Elihu Katz, it examines that the audience in visual media play an active role in selecting and using the media to satisfy their needs. The approach in this research is quantitative and the method that used in this study is survey method with data that distributed to 75 respondents. This research than shows that the value obtained for 5.801 greater than the value of 0,511—which means the relationship between the variables were moderate, with the coefficient of determination indicated by 26,11% decision variables for children is the contribution of the variabel role of parents
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penonton anak sangat rentan dan beresiko dalam menyerap apa yang ditayangkan televisi, sehingga perlu pendampingan dari orangtua yang paham akan efek dari televisi dalam bentuk komunikasi antarpribadi orangtua dan anak. Hasil studi Iriantara (2006:217) menunjukkan beberapa kekhawatiran warga masyarakat terhadap dampak televisi, yang muncul dari adanya pengalaman mengonsumsi isi media massa oleh orangtua. Pengalaman itu dapat menjadi landasan untuk mengembangkan kemampuan literasi media orangtua terhadap anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran orangtua dalam keputusan memilih tayangan untuk anak dan seberapa besar pengaruh tayangan pilihan orangtua terhadap anak. Penelitian ini bertitik tolak dari Teori Peranan dari Biddle & Thomas. Teori ini menelaah bahwa seorang aktor harus bermain sebagai seorang tokoh tertentu dan dalam posisinya sebagai tokoh itu dia diharapkan untuk berperilaku secara tertentu, hal ini kemudian dianalogikan dengan posisi seseorang dalam masyarakat. Dengan teori pendukung Uses and Gratifications dari Blumer dan Elihu Katz yang menelaah bahwa pengguna media memainkan peran aktif dalam memilih dan menggunakan media untuk memuaskan kebutuhannya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 75 orang responden. Penelitian menunjukkan nilai yang didapat sebesar 5,081 lebih besar dibanding nilai 1,993, hal ini menyatakan jika diterima bahwa terdapat pengaruh antara peran orangtua terhadap keputusan memilih tayangan untuk anak dengan nilai korelasi 0,511 yang berarti hubungan antar kedua variabel sedang, dengan nilai koefisien determinasi yang menandakan sebesar 26,11% variabel keputusan memilih tayangan untuk anak adalah kontribusi dari variabel peran orangtua | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Television, Interpersonal Communication, Children, Parent Role, Show, Role Theory, Uses and Gratifications Theory Televisi, Komunikasi Antarpribadi, Anak, Peran Orangtua, Tayangan, Teori Peran, Teori Uses and Gratifications | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Communication > Communication (General) |
|||||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2022 10:10 | |||||||||
Last Modified: | 31 Mar 2022 10:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11276 |
Actions (login required)
View Item |