Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD PADA MATERI SEJARAH MASA LAMPAU MELALUI PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TREASURE HUNT DI SDN 2 CIHERANG KECAMATAN CIBEBER KABUPATEN LEBAK

Sumar, Sumar (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD PADA MATERI SEJARAH MASA LAMPAU MELALUI PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TREASURE HUNT DI SDN 2 CIHERANG KECAMATAN CIBEBER KABUPATEN LEBAK. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD PADA MATERI SEJARAH MASA LAMPAU ME.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Learning IPS in particular for student History learning achievement require appropriate learning methods and efficient. From the variety of learning methods that can be used by teachers as a method of effective and efficient learning is a Treasure Hunt Learning Method. The formulation of the problem of this study were (1) How to plan the implementation of Treasure Hunt Learning Method in teaching History? (2) How does the implementation of the Treasure Hunt Learning Method against the learning creativity and achievement at SDN 2 Ciherang district of Cibeber Lebak regency? (3) How do the results of creativity and student achievement in learning with the implementation of the Treasure Hunt Learning Method in the evaluation of learning History? This study aims to improve student’s Creativity and learning achievement using Treasure Hunt Method. This study used CAR method with Kemmis Taggart model. Placed at SDN 2 Ciherang district of Cibeber Lebak regency. The study was conducted in the early of November until end November 2015. Research subjects consisted of researchers and the implementation improvement student’s creativity and learning achievement using Treasure Hunt Method as a measure of the success of action research, while the object was SDN 2 Ciherang students were 25 students consisted of 13 female students and 12 male students. The results showed that Treasure Hunt Method can improve student’s creativity and learning achievement at fifth grades SDN 2 Ciherang district of Cibeber Lebak regency

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNURMAYULIS, NURMAYULIS19631118200112201
Thesis advisorHIDAYATULLAH, HIDAYATULLAH197409182000031001
Additional Information: Pembelajaran IPS khususnya untuk hasil belajar sejarah siswa membutuhkan metode pembelajaran yang tepat dan berdaya guna. Dari beragamnya metodel pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru sebagai metode pembelajaran yang efektif dan efesien adalah metode permainan Treasure Hunt. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerapan metode permainan Treasure Hunt dalam pembelajaran sejarah? (2) Bagaimana penerapan metode permainan Treasure Hunt terhadap kreativitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Ciherang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak? (3) Bagaimana kreativitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode permainan Treasure Hunt pada materi sejarah masa lampau? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode permainan Treasure Hunt. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SDN 2 Ciherang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada awal bulan November sampai akhir bulan November 2015. Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi metode permainan Treasure Hunt dan Hasil Belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas V SDN 2 Ciherang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi metode permainan Treasure Hunt dapat meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPS siswa kelas V pada materi sejarah masa lampau di SDN 2 Ciherang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak
Uncontrolled Keywords: Treasure Hunt Method, student’s Creativity, student’s learning achievements metode permainan Treasure Hunt, Kreativitas, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 09:57
Last Modified: 31 Mar 2022 09:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item