HIDAYANTI, ERLINA (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF PADA ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN DI KELOMPOK BERMAIN UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SERANG). Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTER.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
The research aims to enhance the cognitive development and creativity of learnings by utilizing interactive compact disk. The subject were student play group UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Kab. Serang wewre 8 people, with the reseach metods used with this of action reseach classroom model of Kemmis and Taggart. And the technique of collecting data through observation and fiels notes, as well as using tree cycles that include cycle I, cycle II and cycle III. The result showed and increase in cognitive development from cycle I and cycle II seen improvement in cycle I student who have not progressed as a much 5 people (63%), 2 people (25%) began to develop an envolved as expected 1 person (13%). It can be concluded that the use of interactive learning media compact disk can improved cognitive development and creativity children aged 3-4 years.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran CD Interaktif, subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok Bermain UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab. Serang yang berju mlah 8 orang dengan metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan jenis model Kemmis dan Taggart, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan, serta menggunakan tiga siklus yaitu diantaranya siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukan peningkatan perke mbangan kognitif dari siklus I dan II terlihat peningkatan yang pada siklus I/prasiklus peserta didik yang belum berkembang sebanyak 5 orang (63%), mulai berkembang 2 orang (25%) dan berkembang sesuai harapan 1 orang (13%) meningkat pada siklus II menjadi . sedangkan perkembangan kreativitas pada siklus I dan III juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I/pra siklus peserta didik yang belum berkembang sebanyak 5 orang (63%), mulai berkembang 2 orang (25%) dan berkembang sesuai harapan 1 orang (13%) meningkat pada siklus III menjadi mulai berkembang 2 orang (25%), berkembang sesuai harapan 3 orang (38%) serta berkembang sangat baik 3 orang (38%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD Interaktif dapat meningkatkan perkembangan kognitif dan kreativitas anak usia 3-4 tahun | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | cognitive ability, creativity ability, interactive compact disk Perkembangan Kognitif, Kreativitas, CD Interaktif | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2022 09:42 | |||||||||
Last Modified: | 31 Mar 2022 09:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11260 |
Actions (login required)
View Item |