Damayanti, Indri and Mukhroman, Iman and Muldi, Ail (2018) STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KOTA CILEGON DALAM REFORMULASI CITRA (Studi Kasus Pasca Tertangkapnya Wali Kota Cilegon oleh KPK Sebagai Tersangka Kasus Suap). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Indri Damayanti NIM 6662130453)
STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KOTA CILEGON DALAM REFORMULASI CITRA - Copy.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Indri Damayanti. NIM. 6662130453. Strategi Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam Reformulasi Citra. Pembimbing I: Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si dan Pembimbing II: Ail Muldi, S.Sos,.M.I., Kom Penelitian ini dilatarbelakangi dari kasus suap ijin analisa dampak lingkungan (AMDAL) proyek Transmart yang melibatkan oleh Wali Kota Cilegon yang menyebabkan munculnya pemberitaan negatif dan opini negatif publik terhadap Pemerintah Kota Cilegon. Tetapi walaupun diterpa dengan berita yang sangat mengejutkan ini, Pemerintah Kota Cilegon tetap menjalankan aktifitas dan kegiatan pelayanan publik seperti tak terpengaruh dengan berita tersebut bahkan hingga saat ini pun Pemerintah Kota Cilegon masih terus berjalan dan berkembang baik melalui program-program kerja pro rakyatnya. Tentunya Pemerintah Kota Cilegon bisa tetap berdiri dan berkembang walaupun diterpa berita negative ini tak luput dari strategi humas yang dilakukan oleh pihak Humas Pemerintah Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam reformulasi citra dan untuk mengetahui peran Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam reformulasi citra pasca tertangkapnya Walikota Cilegon oleh KPK. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Konsep manajemen strategi Fred R. David dan Teori Impression Management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Cilegon dalam reformulasi citra berupa menggelat konferensi pers, menerbitkan press release, menjalin relasi yang kuat dengan media, dan juga fokus pada program prioritas dan pelayanan masyarakat. Strategi yang dipakai Humas Pemerintah Kota Cilegon merupakan strategi yang relevan dengan teori impression manajemen, teori ini menyebutkan bahwa setiap individu maupun organisasi dalam proses interaksi sosialnya tidak dapat lepas dari upaya membangun hubungan, mengidentifikasi lawan bicara, dan membangun citra. Kata Kunci : Strategi Humas, Pemerintah Kota Cilegon, Reformulasi Citra
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Indri Damayanti. NIM. 6662130453. Public Relations Strategy of Cilegon City Government in Image Reformulation. Counselor I: Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si and Advisor II: Ail Muldi, S.Sos, .M.I., Kom This research is motivated by bribery case of environmental impact analysis (AMDAL) project of Transmart involving by Mayor of Cilegon causing negative news and negative public opinion toward City Government of Cilegon. But despite the shocking news, the City Government of Cilegon continues to run the activities and public service activities such as unaffected by the news even to this day the City Government of Cilegon is still running and growing both through pro-people work programs. Of course the Cilegon City Government can still stand and develop even though this negative news is not spared from the public relations strategy carried out by the Public Relations of the Cilegon City Government. This study aims to determine the strategy used by Public Relations Cilegon Government in the image reform and to know the role of Public Relations Cilegon Government in the reformulation of the image after the capture of Mayor Cilegon by KPK. The researcher used descriptive qualitative method with Fred R. David's strategy management concept and Impression Management Theory. The result of the research shows that the strategy done by Cilegon City Public Relations Public Relations in image reformulation is pressing press conference, publishing press release, establishing strong relation with media, and also focus on priority program and community service. The strategy used by Cilegon Government Public Relations is a strategy relevant to the theory of impression management, this theory states that every individual or organization in the process of social interaction can not be separated from efforts to build relationships, identify the other person, and build the image. Keywords: PR strategy, cilegon city government, image reformulation |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 06:11 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 06:11 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1126 |
Actions (login required)
View Item |