Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN POWERPOINT DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA TANGERANG SELATAN

Komalasari, Eka (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN POWERPOINT DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA TANGERANG SELATAN. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN POWERPOINT DAN KECERDASAN INTERPERSO~2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Improved Learning Outcomes Through Integrated Social Sciences Sociology Peneerapan Powerpoint And Interpersonal Intelligence Seventh Grade Students of SMPN 14 South Tangerang City "can be resolved, increase. Activity of students asked questions on the second cycle decreased from 13.33% down to 6.67% and 10%. This is caused by students who still do not dare ask for fear commented ugly by another student so that students better to be silent than other students make fun of him, besides the teacher lacking encourage and motivate students to want to ask. Therefore, in the third cycle 2 teacher meetings to increase motivation in students to be more daring to ask questions and it resulted in the increased activity of students by 30%. Item response to the response of other students in the first cycle 1 meeting by 20% and amounted to 23.33% 2 meeting showed an increase, although not too large, and this percentage has decreased to a meeting 3, 4 and 5 in cycle II and III meeting 1, namely 16.67%, 10% and 10%. This is due in addition to the students who are still afraid and did not dare to speak in public is also due to lack of teachers can motivate students to speak in public. To that end the third cycle 6 meeting teachers try to encourage the students to be able and willing to respond to the response of other students by providing a plus for anyone who dared to speak responding to the response of other students and in this way resulted in the percentage of students in the third cycle 6 meeting at 26 , 67%. Improved student learning outcomes IPS SMPN 14 Tangerang City can be reached using Powerpoint and optimize the application of interpersonal intelligence.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHASANI, ACENG196708201998021003
Thesis advisorASMAWATI, LULUK197306072008122001
Additional Information: Peningkatan Hasil Belajar IPS Terpadu Sosiologi Melalui Peneerapan Powerpoint Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VII SMPN 14 Kota Tangerang Selatan ” dapat diselesaikan dengan baik, peningkatan. Aktivitas siswa mengajukan pertanyaan pada siklus II mengalami penurunan dari 13,33% turun menjadi 6,67% dan 10%. Hal ini disebabkan oleh siswa yang masih tidak berani bertanya karena takut dikomentari yang jelek oleh siswa lain sehingga siswa lebih baik diam daripada membuat siswa lain mengejeknya, disamping itu guru kurang mendorong dan memberi motivasi siswa agar mau bertanya. Oleh karena itu pada siklus III pertemuan 2 guru meningkatkan motivasi pada siswa agar lebih berani mengajukan pertanyaan dan itu membuahkan hasil dengan meningkatnya aktivitas siswa sebesar 30%. tem menanggapi respon siswa lain pada siklus I pertemuan 1 sebesar 20% dan pertemuan 2 sebesar 23,33% menunjukkan terjadinya peningkatan walaupun tidak terlalu besar, dan persentase ini mengalami penurunan sampai pertemuan 3, 4 dan 5 pada siklus II dan III pertemuan 1, yaitu sebesar 16,67%, 10%, dan 10%. Hal ini disebabkan selain karena siswa yang masih takut dan tidak berani berbicara di depan umum juga disebabkan guru kurang bisa memotivasi siswa untuk berbicara di depan umum. Untuk itu pada siklus III pertemuan 6 guru berusaha untuk mendorong siswa agar bisa dan mau menanggapi respon siswa lain dengan cara memberikan nilai plus bagi siapa saja yang berani berbicara menanggapi respon siswa lainnya dan cara ini membuahkan hasil yaitu persentase siswa pada siklus III pertemuan 6 sebesar 26,67%. Peningkatan hasil belajar IPS siswa SMPN 14 Kota Tangerang dapat ditempuh menggunakan penerapan Powerpoint dan mengoptimalkan kecerdasan interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 09:37
Last Modified: 31 Mar 2022 09:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item