Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KLASIFIKASI TINDAK TUTUR ILOKUSI TUTURAN SISWA TUNAWICARA DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KOTA SERANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ilham, Hildawati (2016) KLASIFIKASI TINDAK TUTUR ILOKUSI TUTURAN SISWA TUNAWICARA DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KOTA SERANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KLASIFIKASI TINDAK TUTUR ILOKUSI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuturan siswa tunawicara di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang kelas VIIB dengan konteks di dalam kelas yang sangat memungkinkan terjadi ujaran-ujaran yang didalamnya mengandung tindak tutur. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam tuturan informan siswa tunawicara Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang tahun 2014/2015 di ranah kelas, dan (2) menjelaskan jenis tindak tutur ilokusi dalam tuturan informan siswa tunawicara di ranah kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan bahasa siswa tunawicara kelas VII B di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang termasuk tuturan ilokusi yang berwujud asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi yang ditemukan dalam tuturan siswa tunawicara kelas VII B di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang. Berdasarkan hasil analisis data,, diperoleh 149 data tindak tutur ilokusi. Berdasarkan hasil analisis data, dikemukakan simpulan sebagai berikut; (1) asertif sebanyak 64 tuturan, yang terbagi lagi menjadi jenis tindak memberitahukan berjumlah 27 tuturan, jenis tindak tutur menyatakan berjumlah 23 tuturan, jenis tindak tutur menyarankan berjumlah 5 tuturan, jenis tindak tutur mengeluh 9 tuturan, (2) direktif sebanyak 41 tuturan, yang terbagi lagi menjadi jenis tindak tutur menasihati berjumlah 15 tuturan, jenis tindak tutur memerintah berjumlah 16 tuturan, jenis tindak tutur bertanya berjumlah 10 tuturan, (3) ekspresif sebanyak 36 tuturan, yang terbagi lagi menjadi jenis tindak tutur menghina berjumlah 14 tuturan, jenis tindak tutur memuji berjumlah 6, jenis tindak tutur menghujat berjumlah 2 tuturan, jenis tindak tutur meminta maaf berjumlah 5 tuturan, jenis tindak tutur mengkritik berjumlah 6 tuturan, jenis tindak tutur sombong berjumlah 2 tuturan, jenis tindak tutur malu berjumlah 1 tuturan, (4) komisif berjumlah 7 tuturan yang terbagi lagi menjadi jenis tindak tutur berjanji berjumlah 4 tuturan jenis tindak tutur menolak berjumlah 2 tuturan, jenis tindak tutur mengutuk berjumlah 1, dan (5) deklarasi berjumlah 1 tuturan. (2) Hasil analisis dan temuan ini dimanfaatkan untuk memberikan sumbangan dalam memperkaya kajian pragmatik dan psikolinguistik, khususnya berkenaan dengan produksi ujar penutur tunawicara. Kata Kunci: Tindak Tutur Ilokusi, Tuturan Siswa Tunawicara, dan Gangguan Berbahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, OdienUNSPECIFIED
Thesis advisorTisnasari, SundawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Ilokusi, Tuturan Siswa Tunawicara, dan Gangguan Berbahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 09:30
Last Modified: 31 Mar 2022 09:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item