Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DI KELAS X SMAN 1 BOJONEGARA

Aini, Qurrotu (2016) UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DI KELAS X SMAN 1 BOJONEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA TERHADAP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media iklan niaga terhadap kemampuan menulis karangan persuasi di kelas X SMAN 1 Bojonegara. Latar belakang dalam penelitian ini, kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran menulis di SMA Negeri 1 Bojonegara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran iklan niaga terhadap keterampilan menulis siswa di kelas X SMAN 1 Bojonegara?” Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kemampuan menulis karangan siswa dan menguji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran iklan niaga terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojonegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojonegara tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 200 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojonegara. Teknik pengumpulan data adalah, observasi, dan teknik tes. Adapun teknik pengolahan data yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan persuasi pada pretes di kelas ekeperimen dan kontrol tergolong kurang. Adapun nilai rata-rata postes di kelas eksperimen yaitu 86,07 dan nilai rata-rata postes di kelas kontrol yakni 83,18. Hasil uji hipotesis data posttest di kelas eksperimen dan kontrol dapat diketahui dengan penghitungan uji-t, diperoleh thitung 5,18 dan ttabel dengan db= 52 dan taraf signifikasi 5% (ts0,05) adalah 1,9976. Dengan demikian, thitung> ttabel atau 5,18> 1,9976. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maksudnya, terdapat perbedaan antara pengaruh pengunaan media pembelajaran iklan niaga terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X SMAN 1 Bojonegar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorMawadah, Ade Husnul197906292005012004
Uncontrolled Keywords: menulis, karangan persuasi, media pembelajaran iklan niaga
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Mar 2022 09:29
Last Modified: 31 Mar 2022 09:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item View Item