Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Aditif Terhadap Kenaikan Nilai Kalori Batubara Bayah dengan Teknik Upgrading Brown Coal (UBC)

Umam, Chaerul and Margareta, Nita (2015) Pengaruh Aditif Terhadap Kenaikan Nilai Kalori Batubara Bayah dengan Teknik Upgrading Brown Coal (UBC). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN PENGARUH ADITIF TERHADAP KENAIKAN NILAI KALORI BATUBARA BAYAH DENGAN TEKNIK UP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

UBC (upgrading brown coal) adalah metode meningkatkan kualitas batubara dengan menggunakan bahan aditif. Penambahan aditif diharapkan kandungan air yang terikat pada batubara baik inherent moisture dan exterious moisture akan menguap yang dibantu dengan proses pemanasan sehingga terjadi peningkatan nilai kalori dalam batubara, memiliki sifat anti air dan penurunan kecenderungan pembakaran spontan produk batubara yang dihasilkan. Bahan aditif pada proses UBC yaitu dengan menggunakan minyak jelantah dan pelumas bekas. Batubara yang akan dilakukan proses UBC diperkecil ukurannya dan diayak dengan ukuran 10 mesh, selanjutnya dimasukkan ke dalam autoclave yang sudah diisi dengan bahan aditif dengan rasio massa batubara dan aditif sebesar 1:1; 1:1,5; 1:2. Batubara dan bahan aditif dipanaskan selama 1,5 jam membentuk slurry dengan variasi suhu 140, 150 dan 160 °C dengan tekanan 1 kg/cm 2 g. Produk batubara yang telah dipanaskan masuk ke dalam oven untuk pengeringan pada 150 °C selama 1 jam. Hasil penelitian menunjukkan penurunan kadar air batubara alam Bayah terbesar mencapai 69% pada variasi aditif campuran (minyak jelantah dan oli bekas),pada suhu operasi 140 oC dengan rasio massa 1:2, sedangkan peningkatan nilai kalori terbesar mencapai 24% pada variasi aditif menggunakan oli bekas dengan rasio 1:1 dan suhu operasi 160 oC. Meningkatnya nilai kalori dan menurunnya kandungan air disebabkan oleh tergantikannya molekul air yang menutup pori batubara oleh bahan aditif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriyanto, HeriUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aditif, autoclave, slurry, UBC
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 23:11
Last Modified: 30 Mar 2022 23:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item