Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KRITIK SOSIAL PADA NASKAH DRAMA RT NOL RW NOL KARYA IWAN SIMATUPANG DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

FIRMANSYAH, AGUS RIKI (2016) KRITIK SOSIAL PADA NASKAH DRAMA RT NOL RW NOL KARYA IWAN SIMATUPANG DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KRITIK SOSIAL PADA NASKAH DRAMA RT NOL RW NOL KARYA IWAN SIMATUPANG DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterkaitan antara pengarang sastra dan lingkungan tempat ia tinggal terhadap karya sastra yang diciptakannya merupakan suatu hal yang tidak bisa terbantahkan. Kehadiran karya sastra di antara masyarakat merupakan refleksi pengarang terhadap keadaan dan masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungannya pada zamannya. Begitu pula dengan naskah drama RT Nol RW Nol karya Iwan Simatupang merupakan bentuk kritik yang disampaikan pengarang melalui naskah dramanya berdasarkan masalah-masalah sosial yang digambarkan dalam naskah dramanya. Rendahnya apresiasi siswa terhadap naskah drama. Padahal, banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang ditawarkan naskah drama yang dapat meningkatkan wawasan siswa, khususnya siswa SMA, Siswa yang mulai beranjak dewasa dan akan terjun ke masyarakat. Selain itu, naskah drama dapat menjadi media kritik yang efektif. Tetapi tidak semua naskah drama menyampaikan masalah sosial secara terbuka. Hal tersebut menjadi salah satu kendala untuk memahami karya sastra secara utuh. Atas dasar penjelasan tersebut, penulis memfokuskan pertanyaan penelitian pada (1) bentuk- bentuk masalah sosial yang mengandung kritik sosial dalam naskah drama RT Nol RW Nol karya Iwan Simatupang, (2) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas XI SMA dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena penulis memaparkan hasil analisis dengan cara mendeskripsikan. Ada pun teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data (studi pustaka dan catat) dan teknik analisis data yang menggunakan kajian isi. Sumber penelitian ini adalah naskah drama RT Nol RW Nol karya Iwan Simatupang Sementara itu, data penelitian ini adalah dialog dan kalimat di dalam naskah drama RT Nol RW Nol yang mengungkapkan masalah sosial yang mengandung kritik sosial. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan beberapa masalah sosial, di antaranya masalah kependudukan, masalah kemiskinan, masalah pelanggaran norma hukum, masalah pelacuran, masalah kejahatan, dan masalah birokrasi. Temuan dan hasil analisis tersebut, dapat dimanfaatkan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas XI semester 1 dengan Standar Kompetensi: Menulis naskah drama, dan Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama. Kata Kunci: Masalah Sosial, Sosiologi Sastra, Drama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMawadah, Ade HusnulUNSPECIFIED
Thesis advisorWahid, Farid IbnuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Masalah Sosial, Sosiologi Sastra, Drama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 22:22
Last Modified: 30 Mar 2022 22:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item View Item