Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOSAKATA DALAM TUTURAN ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROM (STUDI KUALITATIF TERHADAP MUTIA SISWA KELAS VI-C SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Nuraeni, Nuraeni (2016) KOSAKATA DALAM TUTURAN ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROM (STUDI KUALITATIF TERHADAP MUTIA SISWA KELAS VI-C SEKOLAH KHUSUS NEGERI 1 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KOSAKATA DALAM TUTURAN ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROME (STUDI KUALITATIF TERHADAP MU.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Kosakata dalam Tuturan Anak Penyandang Down Syindrome (Studi Kualitatif Terhadap Mutia Siswa Kelas VI-C Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang Tahun Pelajaran 2014/2015)” terhadap bentuk dan kategori dasar, umum, khusus, dan abstrak yang dapat diproduksi anak penyandang down syndrome di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan teknik rekam dan catat kemudian dianalisis menggunakan cara mengumpulkan data melalui observasi dan rekaman percakapan yang dilakukan oleh anak penderita Down Syndrome kemudian mendiskripsikan hasil data serta menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak penedrita Down Syndrome mengalami kesulitan dalam mengusai keterampilan berbahasa khususnya berbicara. Kemampuan kosakata anak penderita Down Syndrome amat terbatas dalam bertutur dan pembicaraannya sulit dimengerti. Dengan demikian, penelitian ini memperkaya hasil kajian terhadap psikolinguistik. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini atau pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitiatif. Metode yang tepat digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Teknik penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi atau pengamatan serta studi dokumentasi (rekaman). Teknik pengumpulan data teknik observasi ini cocok untuk dipergunakan sebagai teknik pengumpulan data karena peneliti seakan-akan meneliti atau mengobservasi suatu proses berbahasa anak saat anak sedang dalam pemerolehan bahasa. Teknik analisis data yang dipergunakan peneliti kali ini menggunakan analisis data teknik perluas. Subjek penelitian ini adalah anak penderita Down Syndrome yang di Sekolah Khusus (SKH) Negeri 1 Kota Serang Kelas V-C. Hasil analisis data penelitian pada penelitian kali ini terdapat empat macam yaitu, 1) Bentuk dan kategori dasar yang dapat diproduksi anak penyandang down syndrome di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang, 2) Bentuk dan kategori umum yang dapat diproduksi anak penyandang down syndrome di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang, 3) Bentuk dan kategori khusus yang dapat diproduksi anak penyandang down syndrome di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang, dan 4) Bentuk dan kategori abstrak yang dapat diproduksi anak penyandang down syndrome di Sekolah Khusus Negeri 1 Kota Serang. Kata Kunci: Anak Down Syndrome, Jenis Kosakata, Bentuk Kosakata, dan Kategori Kata

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, OdienUNSPECIFIED
Thesis advisorTisnasari, SundawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Down Syndrome, Jenis Kosakata, Bentuk Kosakata, dan Kategori Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 22:15
Last Modified: 30 Mar 2022 22:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item