Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA (Penelitian Tindakan di PAUD Darul Ma’arif Kota Cilegon)

FAHIRA, ELFINA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA (Penelitian Tindakan di PAUD Darul Ma’arif Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Counting ability is an activity of arranging numbers or numbering and calculation knowledge for the growth and development in daily life. The count ability of children in B classof Darul Ma’arif Playgroup is still in low level, especially in numbering. This research aims to increase and determine the escalation of counting ability of student in class B through snack stair game. The type of the analysis is class action analysis that uses research model of Kemmis and Mc Taggart. The subject of the analysis is 13 children of B class Darul Ma’arif Playgroup Cilegon–Banten that consists of 8 boys and 5 girls. The object of the analysis is the ability of counting. The method of data collection is conducted by observing, interviewing and documenting. The technic of data analysis is done qualitatively and quantitatively. The minimum success level of children’s counting ability in this research reaches 75%. Based on the analysis result, (1) on pre-analysis, children’s counting ability is in the low level or does not develop yet to 33%, (2) after the action delivery on the cycle I, children’s counting ability increase to 69% but still in undeveloped level, (3) on the cycle II, children experience the increase again by reaching the result as much as 79%. Thus, the development of children’s counting ability increases and reaches well development level. Therefore, it can be concluded that the study of counting by playing snack stair game can raise the counting ability of children in ages of 5 to 6 years old in Darul Ma’arif Playgroup, Cilegon–Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorPermanasari, Alis Triena198205302006042001
Additional Information: Kemampuan berhitung adalah kegiatan mengurutkan bilangan atau membilang dan mengenai jumlah untuk menumbuh kembangkan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berhitung anak kelompok B di PAUD Darul Ma’arif masih rendah terutama pada aspek membilang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B melalui permainan ular tangga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 13 anak kelompok B PAUD Darul Ma’arif Kota Cilegon-Banten, dengan 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian yaitu kemampuan berhitung. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Taraf keberhasilan kemampuan berhitung anak dalam penelitian ini minimal mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian, (1) pada pra penelitian kemampuan berhitung anak pada taraf rendah atau belum berkembang menjadi 33%, (2) setelah diberikan tindakan pada siklus I, kemampuan berhitung anak meningkat menjadi 69% namun masih dalam taraf belum berkembang, (3) pada siklus II anak mengalami peningkatan kembali yaitu dengan memperoleh hasil sebesar 79%. Dengan demikian, perkembangan kemampuan berhitung anak meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berhitung dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di PAUD Darul Ma’arif Kota Cilegon-Banten.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Permainan ular tangga, anak usia 5-6 tahun. Counting ability, Snack stair game, children of 5 to 6 years old
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 21:44
Last Modified: 30 Mar 2022 21:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item