Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (TANDA WAKTU) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 MALANGSARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Malangsari Kecamatan Cipanas Kab. Lebak Tahun Ajaran 2014/2015)

Nurhayah, Anis (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (TANDA WAKTU) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 MALANGSARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Malangsari Kecamatan Cipanas Kab. Lebak Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (TANDA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

The purpose this observation is for increasing student activity and learning achievement in social science with time token learning model. The method that used in this observation is class activity. The procedure carried out two cycles; which each cycle contained: (1) planning, (2) acting, (3) observing, (4) reflecting. The collecting data instrument used student activity sheet, interview guide, documentation and question sheet to test student study result. Using time token learning model at social scene lesson in fourth year class school elementary state 1 Malang Sari has an impact for increasing student activity and study result. This cause able to know on the average of student study activity at first cycle (63,66%) with category “enough” increased 27,67% at secont cycle be (93,66%) with category “very good”. The completion of student learning achievement at first cycle (55,55%) Increased 37,04% and at second cycle be (92,59%). Then summarized that using time token learning model can increase student activity and learning achievement in social science lesson.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHosnan, Hosnan195511181982031002
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041004
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran time token (tanda waktu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar aktivitas siswa, pedoman wawancara, dokumentasi dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran time token (tanda waktu) pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Malangsari berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (63,66%) dengan kategori “cukup” meningkat sebesar 29,67% pada siklus II menjadi (93,33%) dengan kategori “baik sekali”. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai (55,55%) meningkat sebesar 37,04% pada siklus II menjadi (92,59%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran time token (tanda waktu) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran time token (tanda waktu), aktivitas dan hasil belajar. Learning method time token, activities and learning achievement.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 21:38
Last Modified: 30 Mar 2022 21:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

View Item View Item