Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII MTs PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM GINTUNG JAYANTI TANGERANG

AFRIYANI NUR FADLIANA, NYAYU (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII MTs PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM GINTUNG JAYANTI TANGERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATK.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aimed to describe improving reading skills Qur'an eighth grade students of MTs Daar El-Qolam using cooperative method of type Student Teams Achievement Division and describe changes in the behavior of students of class VIII MTs Daar El-Qolam in reading the Quran after using the method of type Cooperative Student Teams Achievement Division and to describe the motivation of students of class VIII MTs Daar El-Qolam in reading the Qur'an using methods Cooperative type Student Teams Achievement Division. Subjects who were targeted were students Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Tangerang Jayanti. This study was conducted in one class is class VIII E totaling 38 students, consisting of 21 sons and 17 daughters. This research method using a method of classroom action research (PTK ) with three cycles were carried out at class VIII E MTs Pesantren Daar el-Qolam. The first cycle, second cycle and third cycle consists of planning, action, observation, and reflection. There are four aspects tested assessment is 1. Accuracy maakhorijul letters 2. Use tajwid 3. Reading the Qur'an with tartil and smoothly 4. Adab reading the Qur'an. The findings and the discussion that in the first cycle, from the test results of reading the Qur'an held obtained an average value of 65.87 or less well categorized and needs improvement. In the second cycle increased by an average of 7.98 from the first cycle that becomes 73.85. The result was satisfactory but still need ongoing training and guidance from the teacher. Then in the third cycle happens again increase of 7.15 of the average cycle II that became 81 The result is quite satisfactory. Based on the findings and discussion, it can be concluded that the use of cooperative learning model of type Student Teams Achievement Division can increase the skill of reading the Qur'an class VIII MTs Daar El-Qolam and can give changes to the students' learning behavior in a positive direction and can increase student motivation class VIII MTs Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang in reading the Koran

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRUSDI SYARIF, CHUSSAERY195212122003121001
Thesis advisorNURMAYULIS, NURMAYULIS196311182001122001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Daar El-Qolam dengan menggunakan Metode Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII MTs Daar ElQolam dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakan Metode Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division serta mendeskripsikan motivasi siswa kelas VIII MTs Daar El-Qolam dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Subjek yang menjadi sasaran penelitian adalah siswa Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Jayanti Tangerang. Penelitian ini dilakukan di satu kelas yaitu kelas VIII E yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri atas 21 putra dan 17 putri. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan tiga siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII E MTs Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Siklus I, siklus II dan Siklus III terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Ada empat aspek penilaian yang diujikan yaitu 1. Ketepatan maakhorijul huruf 2. Penggunaan ilmu tajwid 3. Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan lancar 4. Adab membaca Al-Qur’an. Temuan dan pembahasannya yaitu pada siklus I, dari hasil tes membaca Al-Qur’an yang diadakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,87 atau berkategori kurang baik dan perlu perbaikan. Pada siklus II meningkat sebesar 7,98 dari rata-rata siklus I yaitu menjadi 73,85. Hasilnya cukup memuaskan tapi masih perlu latihan yang berkelanjutan dan bimbingan dari guru. Kemudian pada siklus ke III terjadi lagi peningkatan 7,15 dari rata-rata siklus ke II yaitu menjadi 81 Hasilnya sudah cukup memuaskan. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Daar El-Qolam dan dapat memberi perubahan terhadap perilaku belajar siswa ke arah yang positif serta dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII MTs Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang dalam membaca Alquran
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model Student Teams Achievement Division, Al-Quran Reading Skills Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Keterampilan Membaca Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 20:21
Last Modified: 30 Mar 2022 20:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item