Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA SERANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016

ROHILAH, ROHILAH (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA SERANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Pembelajaran 2015-2016. Sampel penelitian diperoleh dengan dua cara, pertama dengan random sampling diundi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan dengan purposif sampling. Dari kelas eksperimen diperoleh 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata tingggi, dan 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah. Begitu juga dari kelas kontrol, 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata tinggi dan 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah. Dari 20 orang peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 87,4, median 86,5; modus 85, standar defiasi 4,31; dan nilai tertinggi 95. Hasil hitung statistis ,Thitung sebesar 5,86 dan Ttabel sebesar 2,10. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan kosakata dan metode karyawisata terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun pembelajaran 2015-2016. Artinya, secara keseluruhan, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol, peserta didik yang belajar dengan menggunakan metode karyawisata lebih baik dari pada menggunakan metode ceramah. Secara khusus, peserta didik yang memiliki kemampuan kosakata tinggi lebih baik menggunakan metode karyawista dan peserta didik yang memiliki penguasaan kosakata rendah lebih baik belajar menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, belajar menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun pembelajaran 2015-2016 dapat dilaksakan dengan mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran yang cocok untuk peserta didik yang memiliki kemampuan kosakata tinggi dan kosakata rendah

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHASANI, ACENG196708201998021003
Thesis advisorMASRUPI, MASRUPI196310051992031009
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Pembelajaran 2015-2016. Sampel penelitian diperoleh dengan dua cara, pertama dengan random sampling diundi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan dengan purposif sampling. Dari kelas eksperimen diperoleh 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata tingggi, dan 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah. Begitu juga dari kelas kontrol, 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata tinggi dan 10 sampel memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah. Dari 20 orang peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 87,4, median 86,5; modus 85, standar defiasi 4,31; dan nilai tertinggi 95. Hasil hitung statistis ,Thitung sebesar 5,86 dan Ttabel sebesar 2,10. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan kosakata dan metode karyawisata terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun pembelajaran 2015-2016. Artinya, secara keseluruhan, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol, peserta didik yang belajar dengan menggunakan metode karyawisata lebih baik dari pada menggunakan metode ceramah. Secara khusus, peserta didik yang memiliki kemampuan kosakata tinggi lebih baik menggunakan metode karyawista dan peserta didik yang memiliki penguasaan kosakata rendah lebih baik belajar menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, belajar menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang tahun pembelajaran 2015-2016 dapat dilaksakan dengan mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran yang cocok untuk peserta didik yang memiliki kemampuan kosakata tinggi dan kosakata rendah
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Metode Karyawisata, Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 19:08
Last Modified: 30 Mar 2022 19:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11204

Actions (login required)

View Item View Item