Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN BAGASI PENUMPANG PESAWAT TERBANG (Studi Kasus PT. Lion Mentari Air Lines di Bandara Internasional Soekarno-Hatta)

Wahyudi, Hendra (2016) TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN BAGASI PENUMPANG PESAWAT TERBANG (Studi Kasus PT. Lion Mentari Air Lines di Bandara Internasional Soekarno-Hatta). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU TINDAK - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pada hakekatnya seseorang dalam melakukan suatu perbuatan yang baik maupun jahat adalah karena adanya sesuatu yang mendorong yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan yang dikehendakinya termasuk kejahatan. Suatu kejahatan dapat diketahui dengan mencari faktor-faktor yang melatarbelakangi seseorang melakukan kejahatan dan bagaimana cara pemberantasannya. Terutama tindak pidana pencurian bagasi penumpang pesawat terbang yang mana banyak faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Permasalahan yang timbul jika tindak pidana pencurian bagasi penumpang pesawat terbang ini terus berkembang maka perlu dicari faktor-faktor yang melatarbelakangi pelaku melakukan tindak pidana pencurian tersebut dan perlu dilakukan upaya-upaya penanggulangan terhadap tindak pidana pencurian bagasi penumpang pesawat terbang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor�faktor yang melatarbelakangi pelaku dan upaya-upaya penanggulangan terhadap tindak pidana pencurian bagasi penumpang pesawat terbang. Penelitian bersifat analitis deskriptif dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dan pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan penyidik Polres Bandara Soekarno Hatta dan pelaku pencurian bagasi penumpang pesawat terbang tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa terdapat dua faktor yang melatarbelakangi pelaku melakukan tindak pidana pencurian bagasi penumpang pesawat terbang, yaitu faktor internal antara lain faktor ekonomi, faktor kecemburuan sosial dan faktor lemahnya jiwa dan batin pelaku terhadap penilaian baik dan buruk. Faktor eksternal antara lain faktor lingkungan, faktor kesempatan dan faktor intervensi dari rekan kerja seprofesinya. Serta upaya-upaya yang dilakukan terhadap penanggulangan tindak pidana pencurian bagasi pesawat terbang antara lain dengan menggunakan cara-cara yang bersifat preventif dan upaya represif agar tidak terjadi lagi pencurian bagasi penumpang pesawat terbang di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIrawan, Benny196010251989091001
Thesis advisorFauzi, Ahmad198104152008011007
Uncontrolled Keywords: Kriminologi, Tindak Pidana, Pencurian Bagasi Penumpang Pesawat Terbang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 15:20
Last Modified: 30 Mar 2022 15:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11183

Actions (login required)

View Item View Item