Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH CILEGON

Pujianti, Dwi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH CILEGON. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The purpose of this study was to determine: (1) difference between learning outcomes of Biology using Cooperative Learning Model type STAD and conventional; (2) differences between learning outcomes of Biology students who have high ability to make concept map and low ability to make concepts map; (3) interaction between Cooperative Learning Model type STAD and the ability to make Concept Maps toward learning outcomes Biology; (4) differences between learning outcomes Biology using cooperative learning model type STAD, high ability to make concept map and conventional model, high ability to make concept map; (5) difference between learning outcomes Biology using cooperative model type STAD, low ability to make concept map and conventional model, low ability to make concept map. The population was grade 10 students in majoring nursing and sample 48 students. The research was conducted in November 2015. The method using Quasi experiment research with designs by level and data analysis using Anova two way. The results showed: (1) Learning outcomes Biology student who use cooperative learning model type STAD higher than students who use Conventional Learning Model; (2) Learning outcomes Biology students who have high ability to Make Concept Map higher than students who have low ability to make concept Maps; (3) there are significant interaction between Cooperative Learning Model type STAD and ability to Make Concept Maps; (4) Learning Outcomes Biology between Cooperative Learning Model type STAD and high ability to Make concept map is higher conventional learning model and high ability to make Concept Maps; (5) Learning Outcomes Biology between Cooperative Learning Model type STAD and low ability to Make concept maps are lower than conventional learning model and low ability to make Concept Maps.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRUSDI SYARIF, CHUSSAERY195212122003121001
Thesis advisorMUKTI LEKSONO, SUROSO1972022620050110022
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan Hasil Belajar Biologi antara yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan konvensional; (2) perbedaan Hasil Belajar Biologi antara siswa yang memiliki kemampuan membuat Peta Konsep tinggi dan kemampuan membuat Peta Konsep rendah; (3) interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan kemampuan membuat Peta Konsep terhadap hasil belajar Biologi; (4) perbedaan hasil belajar Biologi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan membuat peta konsep tinggi dengan yang menggunakan model konvesional dan kemampuan membuat peta konsep tinggi; (5) perbedaan hasil belajar Biologi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan membuat peta konsep rendah dengan yang menggunakan model konvesional dan kemampuan membuatpeta konsep rendah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan keperawatan dengan sampel berjumlah 48. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain by level dan menggunakan analisis Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan : (1) Hasil Belajar Biologi antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD Lebih Tinggi dari Siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional; (2) Hasil Belajar Biologi antara Siswa yang Memiliki Kemampuan Membuat Peta Konsep Tinggi Lebih Tinggi dari siswa yang Memiliki Kemampuan Membuat Peta Konsep Rendah; (3) terdapat pengaruh Interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kemampuan Membuat Peta Konsep; (4) Hasil Belajar Biologi antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan Kemampuan Membuat peta Konsep tinggi lebih tinggi dari hasil belajar biologi yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional dan Kemampuan Membuat Peta Konsep Tinggi; (5) Hasil Belajar Biologi antara yang menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kemampuan Membuat Peta konsep Rendah lebih rendah dari hasil belajar biologi yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional dan kemampuan Membuat Peta Konsep rendah
Uncontrolled Keywords: STAD, Concept Map, Learning Outcomes STAD, Peta Konsep, Hasil Belaja
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 14:01
Last Modified: 30 Mar 2022 14:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11147

Actions (login required)

View Item View Item