Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH KUBANGKONDANG PANDEGLANG BANTEN

Sulasiah, Lusi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH KUBANGKONDANG PANDEGLANG BANTEN. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PE.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aims to look at. 1) the existence of significant influence Jigsaw models use on student achievement in class VII MTs Muhammadiyah KubangKondang Cisata subdistrict of Pandeglang. 2) whether there is a significant effect on student achievement motivation in class VII MTs Muhammadiyah KubangKondang Cisata subdistrict of Pandeglang. 3) wether there is a significant interaction models use a Jigsaw and motivation on student achievement in class VII MTs Muhammadiyah KubangKondang Cisata subdistrict of Pandeglang. This research methode is quantitative experiments, sampling conducted random samplig of the population of 60 students from two classes of 30 students VII A and Class VII B students the first semester of the school year 2015-2016. Two classes are taken as a class using analysis of variance (ANOVA) followed by Tukey test on look at the interaction between variable. Based on the data obtained, the results of hypothesis testing and discussion, the results of study, the test for normality and homogeneity tests showed both samples are normally distributed and are not homogeneous. It showed 1) there are significant Jigsaw model of cooperative learning model to the Indonesian student learning outcomes. 2) there is a significant interaction between motivation and high scores. 3) there is a very significant difference in motivation between students given Jigsaw cooperative learning model with a given student learning cooperative model. So this proves that Jigsaw cooperative learning model is applied to the students can improve motivation and student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKARTINA, KARTINA196707042002122001
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk melihat. 1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan model jigsaw terhadap prestasi belajar siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kubang Kondang Kecamatan Cisata Pandeglang. 2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kubang Kondang Kecamatan Cisata Pandeglang. 3) ada tidaknya interaksi yang signifikan penggunaan model jigsaw dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kubang Kondang Kecamatan Cisata Pandeglang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling dari Populasi yang berjumlah 60 siswa dari dua kelas VII A 30 siswa dan Kelas VII B 30 siswa semester satu tahun pelajaran 2015-2016. Dua kelas tersebut dijadikan sebagai kelas menggunakan analisis Varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey untuk melihat interaksi yang terjadi antar variabel. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil pengujian hipotesis dan pembahasan, hasil penelitian, dengan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian itu menunjukan 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa bahasa Indonesia. 2) terdapat interaksi yang sangat signifikan antara motivasi dan nilai yang tinggi. 3) terdapat perbedaan motivasi yang sangat signifikan antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan model kooperatif Jigsaw dengan siswa yang diberikan pembelajaran dengan model kooperatif. Jadi Ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang diterapkan pada siswa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Uncontrolled Keywords: Cooperatif, Jigsaw Motivation, Learning Outcomes Kooperatif Jigsaw, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:57
Last Modified: 30 Mar 2022 13:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item