Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 CILEGON

Harahap, Hasrul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 CILEGON. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN BERPIKIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

The purpose of this study was to determine: (1) difference between learning outcomes of Electronics Basic using Inquiry Learning Model and conventional; (2) differences between learning outcomes of Basic Elekctronics students who have high Critical Thinking and low Critical Thinking; (3) interaction between Inquiry Learning Model and Critical Thinking toward learning outcomes Electronics Basic; (4) differences between learning outcomes Electronics Basic using Inquiry Learning Model, high Critical Thinking and conventional model, high Critical Thinking; (5) difference between learning outcomes Electronics Basic using Inquiry Learning Model, low Critical Thinking and conventional model, low Critical Thinking. The population was grade 10 th students in majoring Electronics Engineering and sample 41 students. The research was conducted in January 2016. The method using Quasi experiment research with designs by level and data analysis using Anova two way. The results showed: (1) Learning outcomes Biology student who use Inquiry Learning Model higher than students who use Conventional Learning Model; (2) Learning outcomes Electronics Basic students who have high Critical Thinking higher than students who have low critical Thinking; (3) there are not significant interaction between Inquiry Learning Model and Critical Thinking; (4) Learning Outcomes Electronics Basic between Inquiry Learning Model and high Critical Thinking is higher conventional learning model and high Critical Thinking; (5) Learning Outcomes Electronics Basic between Inquiry learning Model and low Critical Thinking are lower than conventional learning model and low Critical Thinking

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKARTINA, KARTINA196707042002122001
Thesis advisorSUHERMAN, SUHERMAN195902141985031003
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan Hasil Belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara yang menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan konvensional; (2) perbedaan Hasil Belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara siswa yang memiliki kemampuan Berpikir Kritis tinggi dan kemampuan Berpikir Kritis rendah; (3) interaksi antara Model Pembelajaran Inkuiri dan kemampuan Berpikir Kritis terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar Elektronika; (4) perbedaan hasil belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kemampuan Berpikir Kritis tinggi dengan yang menggunakan model konvesional dan kemampuan Berpikir Kritis tinggi; (5) perbedaan hasil belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kemampuan Berpikir Kritis rendah dengan yang menggunakan model konvesional dan kemampuan berpikir kritis rendah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan keperawatan dengan sampel berjumlah 41. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain by level dan menggunakan analisis Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan : (1) Hasil Belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaraan Inkuiri Lebih Tinggi dari Siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional; (2) Hasil Belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara Siswa yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis Tinggi Lebih Tinggi dari siswa yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis Rendah; (3) Tidak terdapat pengaruh Interaksi antara Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Berpikir Kritis; (4) Hasil Belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Berpikir Kritis tinggi lebih tinggi dari hasil belajar Menerapkan Dasar Elektronika yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional dan Kemampuan Berpikir Kritis Tinggi; (5) Hasil Belajar Menerapkan Dasar Elektronika antara yang menggunakan Model pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Berpikir Kritis Rendah lebih tinggi dari hasil belajar Menerapkan Dasar Elektronika yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional dan kemampuan Berpikir Kritis rendah
Uncontrolled Keywords: Inquiry, Critical Thinking, Learning Outcomes Inkuiri, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:40
Last Modified: 30 Mar 2022 13:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item