Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Mahendra I Desa Mahendra Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang Tahun Ajaran 2014/2015

Amelia, Aam Nur (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Mahendra I Desa Mahendra Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE (FULL).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

It is based on research by low student learning outcomes of grade 5 on the subjects of IPS. The low student learning outcomes was caused by lack of variate the learning methods used by teachers, explanation material that is done by teachers have also been dull and lacking motivate students to study. This is shown with a value on pre the cycle of a lot of students who has not reached Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). So that this study focused on the increase in learning outcomes the student with use the model of learning cooperative type scramble. The purpose of this study which is to improve learning outcomes the student with use the model of learning cooperative type scramble. This study was conducted in SDN Mahendra 1, with the subject of study students grade 5 which totaled 26 people. Research methodology used in this research is Classroom Action Research (CAR) that was implemented in two breeding cycles. Data collection techniques used namely observation, test and documentation. Based on the results obtained from this study can be seen that learning outcomes students has experienced significant increases. On students cycle I work completed in as many as 17 students 26 with the percentage of students 65 %. In the cycle of work completed II students increased, namely 92%. This proved that the implementation of cooperative kind of classroom type scramble to improve student learning the result on the subjects of social class in the class V.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut diakibatkan karena kurang bervariatif nya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, penjelasan materi yang dilakukan oleh guru juga terkesan membosankan dan kurang memotivasi siswa untuk belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai pada pra siklus banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mahendra 1, dengan subjek penelitian siswa siswi kelas V yang berjumlah 26 orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes san dokumentasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dari 26 siswa dengan presentase 65%. Pada siklus II siswa yang tuntas meningkat, yaitu sebanyak 92%. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe scrambl learning outcomes, cooperative learning model scramble
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 12:27
Last Modified: 30 Mar 2022 12:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item