Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA FOTO DAN PENGUASAAN TEORI MENULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs AL – KHAIRIYAH KEPANDEAN CIRUAS TAHUN AJARAN 2014/2015

ROSMAWATI, SOFYANA (2014) PENGARUH MEDIA FOTO DAN PENGUASAAN TEORI MENULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs AL – KHAIRIYAH KEPANDEAN CIRUAS TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MEDIA FOTO DAN PENGUASAAN TEORI MENULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui pengaruh media foto dan penguasaan teori menulis terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII MTs AL-Khairiyah. Variabel yang digunakan dalam penelitin ini berjumlah tiga variabel, variabel pertama yaitu media foto, varibel kedua yaitu penguasaan teori menuliss, dan variabel ketiga adalah keteranpilan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tes untuk mengukur tiga variabel yang dicantumkan di atas. Tes pertama menulis teks deskripsi menggunakan media foto, tes kedua memberikan soal uraian mengenai hal-hal yang berhubungan dengan menulis baik fungsi maupun menulis karangan deskripsi, dan tes ketiga adalah memberikan angket kepada siswa untuk mengukur kepuasan dan kemudahan dalam pembelajaran menggunakan media foto. Hasil penenlitian untuk menguji X1 terhadap Y yaitu media foto diperoleh hasil dari tes pengujian bahwa, terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan media foto terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VII MTs AL-Khairiyah tahun ajaran 2014-2015 sebesar 38,55.. Hasil penenlitian untuk menguji X2 terhadap Y yaitu penguasaan teori menulis diperoleh hasil dari tes pengujian bahwa, terdapat pengaruh yang positif antara penguasaan teori menulis siswa terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi kelas VII MTs AL-Khairiyah tahun ajaran 2014-2015 sebesar 17,29. Hasil penelitian untuk melihat korelasi dari kedua variabel di atas terhadap Y maka diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh yang positif dan nilai koefisien korelasi ganda antara penggunaan media foto dan penguasaan teori menulis terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII Mts Al-Khairiyah Kepandean Ciruas tahun ajaran 2014/2015 sebesar 400.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Uncontrolled Keywords: media foto, penguasaan teori menulis, dan keterampilan menulis karangan deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:53
Last Modified: 30 Mar 2022 11:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11106

Actions (login required)

View Item View Item