SUJANA, HIKMAH (2015) PENGARUH MEDIA FLASH FLIP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Rajeg). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MEDIA FLASH FLIP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MAN~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
The purpose of the researh was to know the influence of flash flip book as a media to students' cognitive ability on the concept human respiratory system. The method used was Quasi Experiment with pretest-posttest control group design. The population of the researh was student of 8 grade of SMP Negeri 1 Rajeg period 2014-2015, as a sample class VIII B used as experimentl class and VIII J as control. Both of the classes had been choosed by using random sampling technique. The instruments used were multiple choice, paper of learning activity, note of activity during the researh, and questionare. Based on the research can be concluded that there is the influence by using flash flip book as a media with the students congnitif ability on the eighth grade students On the human respiratoty system, that is followed by students' respons using flash filp book as a media showed 83,3% with the good criteria.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Flash Flip Book terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMP pada konsep sistem pernapasan pada manusia. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rajeg tahun pelajaran 2014/2015, dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Kedua kelas ini dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal pilihan ganda, lembar keterlaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media Flash Flip Book dengan kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMP pada Konsep Sistem Pernapasan pada Manusia, disertai respon siswa dalam pembelajaran menggunakan media Flash Flip Book menunjukkan sebesar 83,3% dengan kriteria baik. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, flash flip book, kemampuan kognitif, dan sistem pernapasan pada manusia. media learning, Flash Flip Book, cognitive ability, and the human respiratoty system . | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2022 11:45 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2022 11:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11101 |
Actions (login required)
View Item |