Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada siswa Kelas IV SDN Cibaliung 04 Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang-Banten Tahun Ajaran 2015/2016)

Widyaningsih, Fanny (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada siswa Kelas IV SDN Cibaliung 04 Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang-Banten Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

The research was conducted in the District of SDN Cibaliung 04 Pandeglang�Banten. Subject of research is the students of class IVB by the number of 22 students. Values obtained students do not reach the standards set school is 65. The values obtained are not suitable due to low student interest in students’ social studies. One of the reasons for the absence of applied learning models by teachers in the classroom. Generally, teachers are using the passive lecture so that students act in the learning process. So it makes the students become less interested in participating in social studies. Purpose of this study was (1) to improve student learning activies through Discovery Learning model in social studies (2) to improve student learning outcomes through a model of Discovery Learningin social studies. The method used is the PTK was done in two cycles, each cycle consisting of : planning, action, observation and reflection. Nomina were collected using a test, and observation. The results showed that: by using the model of discovery learning can improve the learning activities of students and improve learning outcomesof students in social science subjects. Learning activities for students in cycle 1 that is 70,36% experience increased to 86,40% at the end of the second cycle. While the results uf the student learning experience increased from cycle 1 to cycle II that is 58.18% increased to 81,36% at the end of the second cycle.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorHakim, Zerry Rahman198003312010121002
Additional Information: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibaliung 04 Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang-Banten. Subjek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas IVB dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Cibaliung 04 Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang-Banten. Nilai yang didapatkan siswa tidak mencapai standar yang ditentukan sekolah yaitu 65. Nilai yang didapatkan siswa tidak sesuai karena rendahnya minat siswa pada mata pelajaran IPS. Salah satu penyebabnya tidak adanya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas. Umumnya guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa bertindak pasif dalam proses pembelajaran. Sehingga hal ini membuat siswa menjadi kurang berminat mengikuti pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPS (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 70,36% mengalami peningkatan menjadi 86,40% diakhir siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 58.18% meningkat menjadi 81,36% diakhir siklus II.
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar Discovery Learning Model, Social Studies, Learning outcomes.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 12:18
Last Modified: 30 Mar 2022 12:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item