Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA FILM DAN PENGETAHUAN MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOLEAR TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Rara Winingsih, Astrid (2014) PENGARUH MEDIA FILM DAN PENGETAHUAN MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOLEAR TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MEDIA FILM DAN PENGETAHUAN MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA K.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran sastra, permasalahan menulis naskah drama di sekolah, serta media film dan pengetahuan menyimak dapat dipradugakan menjadi salah satu alat mempermudah penulisan naskah drama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media film dan pengetahuan menyimak. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen. Metode ini digunakan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan data posttest. di kelas VIII C berjumlah 27 siswa yang menjadi kelas eksperimen menggunakan media film. Berdasarkan hasil posttest menulis naskah drama dengan menggunakan media film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Solear di peroleh nilai rata-rata siswa adalah 86,07. Dengan demikian, pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media film dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pengetahuan menyimak berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa untuk menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Solear pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh ketika proses yang dilkukan oleh peneliti adalah dengan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan untuk menguji hipotesis pada data posttest kelas eksperimen dengan taraf signifikasi 5% (ts0,05) dan taraf kepercayaan 5% untuk db = 25, maka harga t 70 = 1,989.dengan demikian thitung> ttabel atau 2,9> 1,989. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dari hasil data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Solear. Hasil dari penggunaan media film dan pengetahuan menyimak terdapat interaksi yang dapat dijadikan sebagai rancangan pembelajaran. Berikut hasil uji t hipotesis data posttest di kelas ekperimen. Diketahui dengan pengitungan uji t. Berikutnya untuk menguji hipotesis data posttest di kelas eksperimen dapat diketahui dengan penghitungan uji-t, diperoleh thitung 2,63 dan ttabel dengan db = 25 dan taraf signifikasi 5% (ts0,05) adalah 1,989.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorIbnu Wahid, Farid197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Media, Menulis, menyimak, naskah drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:37
Last Modified: 30 Mar 2022 11:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item View Item