Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY INQUIRY DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PANDEGLANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MELIYAWATI, MELIYAWATI (2016) PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY INQUIRY DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PANDEGLANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh Metode Guided Discovery-Inquiry.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research was done at the X-1 and X-2 grade of SMAN 10 Pandeglang by using experimental methods to design Experiment by Treatment two factorial design. The quantitative data was gathered by written an creative thinking test. The data analysis used ANOVA 2 way and it was analized by using SPSS 16 programe. The results of data was shown that: (1) there are significant differences short story witting skill between Guided Discovery-Inquiry and expository method; (2) there are significant of story writing skill difference between students who have high creative thinking and those who have low creative thinking; (3) the are interaction of Guided Discovery-Inquiry method and creative thinking snd its influence toward students short story writting skill; (4) there are difference between students’ short story writing skills who used Guided Discovery-Inquiry and those who used expository learnig method; (5) there are differences between student’s short story writing skill who used low Guided Discovery-Inquiry and those who used low axpository learning methods

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHASANI, ACENG196708201998021003
Thesis advisorMASRUPI, MASRUPI196310051992031009
Additional Information: Penelitian ini dilakukan di kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 10 Pandeglang, menggunakan metode eksperimen dengan disain Experimen by Treatment 2x2. Data kuantitatif diperoleh melalui tes menulis cerpen dan tes berpikir kreatif. Analisis data menggunakan ANOVA 2 jalur serta diolah menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerpen siswa yang belajar dengan menggunakan metode Guided DiscoveryInquiry dengan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai Fhitung = 61.111> FTabel = 3,07; (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Dari pengolahan data didapat nilai Fhitung 34.886 > FTabel = 3,07; (3) terdapat interaksi metode Guided Discovery-Inquiry dan berpikir kreatif dalam pengaruhnya terhadap keterampilan menulis cerpen siswa;. Hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung 34.886 > FTabel = 3,07 (4) terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa yang menggunakan metode Guided Discovery-Inquiry yang memiliki tingkat berpikir kreatif tinggi dengan yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang memiliki tingkat berpikir kreatif tinggi. Hal ini dibuktikan dari tabel deskriptif statistik menunjukkan bahwa siswa dengan skor berpikir kreatif yang tinggi memperoleh nilai rata-rata 19,25, sedangkan siswa dengan skor berpikir kreatif rendah hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 17.08.; (5) terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa yang menggunakan metode Guided Discovery-Inquiry yang memiliki tingkat berpikir kreatif rendah dengan yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang memiliki tingkat berpikir kreatif rendah. Hal ini dibuktikan dari tabel deskriptif statistik menunjukkan bahwa siswa yang diberi perlakuan Guided Discovery Inquiry (GDI) kelas X-1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 20,17 sedangkan siswa yang diberi perlakuan metode ekspositori pada kelas X-2 hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 17
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery-Inquiry, Creative Thinking and Student’s Short Story Witting Skill Metode Guided Discovery-Inquiry Berpikir Kreatif dan Keterampilan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:14
Last Modified: 30 Mar 2022 11:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item View Item