Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MEDIA VIDEO FILM BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 10 PANDEGLANG

Samsul Hadi, Dede (2016) PENERAPAN MEDIA VIDEO FILM BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 10 PANDEGLANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MEDIA VIDEO FILM BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHAS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The purpose of this research is to improve the skills of speaking and writing English class X held at SMK 10 Pandeglang, the number of students in class X Accounting 1 26 students in the school year 2015-2016 with the lesson topic is The word is round with less sub-themes: Descriptive text and organizing structures are at text and sentence in the text. The research methodology used in this study is action research because of research done to solve the problem of learning in the classroom. This study uses a model Kemmis Mc. Taggart in the form spiral means from the first cycle to the next cycle. Each cycle covered by the plan, action, observations, and reflection. Based on the findings and the discussion that application of video media language films to enhance the skills of speaking and writing learners, characterized by increased completeness of learners in each cycle. Speaking in the first cycle skills 92.31%, Writing skills 80.77%. And the second cycle Speaking skills 96.15%, Writing skills 92, 31%. And the third cycle speaking 96,15%, Writing skills of 100% completion in the teaching of writing in the third cycle. In applying instructional video response or positive effect is shown by an average value of learners that students interested in applying and receiving video movie in learning so that students are motivated. The conclusion of this study were 1) the use of video media language films improve the learning activities of students class X SMK 10 Pandeglang, 2) By applying media-video film on the skill of speaking and writing English learners of class X SMK 10 Pandeglang, 3) Change in speaking skills and write English applying the film on the video media students of class X SMK 10 Pandeglang, 4) There is an increase in speaking and writing skills of learners by applying the film on video media learning English class X SMK 10 Pandeglang.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHIDAYAT, SHOLEH195805091984031003
Thesis advisorNURMAYULIS, NURMAYULIS196311182001122001
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris kelas X yang dilaksanakan di SMKN 10 Pandeglang, dengan jumlah peserta didik kelas X Akuntasi 1 26 peserta didik pada tahun pelajaran 2015-2016 dengan topik pembelajaran adalah The word is round dengan sub tema : teks deskriptif dan pengorganisasian struktur teks dan kalimat dalam teks. Metodologi penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis Mc. Taggart dalam bentuk spirat artinya dari siklus I ke siklus selanjutnya. Setiap siklus diliputi dengan rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan reflelsi (reflection). Berdasarkan temuan dan pembahasan yaitu penerapan media video film bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis peserta didik, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasa belajar peserta didik dalam setiap siklus. Siklus I dalam keterampilan Berbicara (speaking) 92,31%, keterampilan Menulis (writing) 80,77%. Siklus II keterampilan Berbicara (speaking) 96,15%, keterampilan Menulis (writing) 92, 31%. Dan siklus III keterampilan Berbicara (speaking) 96,15%, keterampilan Menulis (writing) 100% tuntas dalam pembelajaran menulis pada siklus III. Dalam peneram video pembelajaran mendapatkan respon atau pengaruh positif ditunjukan dengan nilai rata-rata peserta didik bahwa peserta didik tertarik dan menerima penerapan video film dalam pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penggunaan media video film bahasa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas X SMKN 10 Pandeglang, 2) Dengan menerapkan media video film pada keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris peserta didik kelas X SMKN 10 Pandeglang, 3) Perubahan keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris dalam menerapkan media video film pada peserta didik kelas X SMKN 10 Pandeglang, 4) Terdapat peningkatan keterampilan berbicara dan menulis peserta didik dengan menerapkan media video film pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas X SMKN 10 Pandeglang
Uncontrolled Keywords: Media video and film language speaking and writing skills Media video Film bahasa dan keterampilan berbicara dan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2022 10:30
Last Modified: 30 Mar 2022 10:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item