SHABRINA, SITI AYU (2016) KESIAPAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH DI KOTA SERANG DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Kesiapan Guru Matematika Sekolah Menengah di Kota Serang dalam Menggunakan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah semakin pesat di era globalisasi dan sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Dilihat dari perkembangan era globalisasi, sudah bukan saatnya lagi guru menggunakan metode ceramah dan hafalan (teacher center), karena pembelajaran secara konvensional membuat siswa kurang bereksplorasi terhadap pengetahuan yang diterima, terutama dalam pembelajaran matematika. Tanggung jawab guru matematika dalam memasuki era globalisasi ini bukan hanya menyiapkan siswa, tetapi juga menyiapkan diri sebagai pendidik untuk menghadapi semua tantangan yang berubah dengan cepat dalam masyarakat kita. Hal ini menyebabkan guru matematika dituntut untuk mampu menghasilkan siswa-siswa unggul yang mampu bersaing dalam kompetisi global. Peningkatan kualitas dan kemampuan siswa dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat TIK dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru matematika sekolah menengah di Kota Serang dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran. Kesiapan guru menggunakan TIK dilihat dari 6 aspek kompetensi TIK guru, yaitu : 1) Pemahaman TIK dalam pendidikan; 2) Kurikulum dan penilaian; 3) Pedagogi; 4) Teknologi informasi dan komunikasi; 5) Organisasi dan administrasi; dan 6) Pembelajaran guru profesional. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru matematika di Kota Serang sebanyak 309 guru dari 103 sekolah menengah yang telah terakreditasi. Sampel guru ditentukan dengan teknik stratified random sampling sebanyak 87 guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika sekolah mengengah di Kota Serang dalam menggunakan perangkat TIK untuk pembelajaran berada pada kategori siap dalam aspek kurikulum dan penilaian, pedagogi, dan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci: Kesiapan guru, perangkat TIK
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan guru, perangkat TIK | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2022 23:28 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2022 23:28 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11036 |
Actions (login required)
View Item |