Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KESIAPAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH DI KABUPATEN SERANG DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN

NURANISYA, ASYIFA (2016) KESIAPAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH DI KABUPATEN SERANG DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KESIAPAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH DI KABUPATEN SERANG DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN (full).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum mengkaji tentang kesiapan guru matematika sekolah menengah di Kabupaten Serang dalam menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran. Permasalahan khusus yang diungkapkan yaitu tentang bagaimana kesiapan guru matematika sekolah menengah di Kabupaten Serang dalam menggunakan perangkat TIK untuk pembelajaran dan bagaimana mengoptimalkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan maksud deskriptif. Populasinya adalah guru matematika sekolah menengah terakreditasi dan sampel dipilih menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah 88 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup, lembar observasi dan panduan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan enam aspek standar kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru dari UNESCO, dari keenam aspek tersebut aspek yang memenuhi kriteria cukup siap adalah pemahaman TIK dalam pendidikan, pedagogi dan pembelajaran guru profesional, sedangkan aspek yang memenuhi kriteria siap adalah kurikulum dan penilaian, teknologi informasi dan komunikasi dan organisasi dan administrasi. Untuk cara mengoptimalkannya yaitu dengan dikembangkan kembali sosialisasi kebijakan mengenai penggunaan TIK dalam pembelajaran, mencari lebih banyak referensi melalui internet mengenai desain atau rencana pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi di kelas sehingga dapat memudahkan proses belajar mengajar, melengkapkan kembali fasilitas di labolatorium komputer dan meningkatkan managemen jadwal penggunaannya, menambah dan memperbaiki fasilitas seperti proyektor dan jaringan internet, membuat group berbasis media sosial dan mengadakan pelatihan tentang penggunaan dasar TIK Kata kunci: Kesiapan guru, Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
Thesis advisorPamungkas, Aan SubhanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesiapan guru, Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 23:13
Last Modified: 29 Mar 2022 23:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item View Item