Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM PONDOK BELAJAR KECAMATAN KASEMEN KOTA SERANG

ASRI, MAHARANI PUSPITA (2015) STRATEGI TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM PONDOK BELAJAR KECAMATAN KASEMEN KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM PONDOK BELAJAR KE.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini secara khusus membahas tentang: 1) kurangnya strategi tutor dalam memotivasi warga belajar paket C di PKBM Pondok Belajar.; 2) kurangnya hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Pondok Belajar.; 3) kurangnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket C di PKBM Pondok Belajar.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui informasi tentang strategi tutor dalam memotivasi warga belajar paket C dalam kegiatan pembelajaran.; 2) untuk mengetahui hasil belajar warga belajar paket C dalam kegiatan pembelajaran.; 3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket C dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studidokumentasi.Penelitian ini dilakukan di program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Pondok Belajar Kecamatan Kasemen Kota Serang, Jln Raya Banten Kp. Angsoka Jaya km. 05 RT 02//09 Kecamatan Kasemen Kota Serang. Subyek dalam penelitian ini yaitu tutor program pendidikan kesetaraan Paket C yang berjumlah 3 orang. Dari hasil penelitian ini tentang strategi tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar warga belajar paket C di PKBM Pondok Belajar Kecamatan Kasemen Kota Serang adalah dengan cara menggunakan strategi PAIKEM (Pembelajaran afektif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan), penerapan strategi belajar aktif, dan penerapan strategi kreatif dan afektif. Untuk membangkitkan motivasi belajar warga belajar paket C, tutor membangkitkan dorongan kepada warga belajar untuk belajar. Karena dengan membangkitkan dorongan kepada warga belajar akan bertambah wawasan dan pengetahuannya.Hasil belajar warga belajar paket C yaitu dengan hasil prestasi yang baik. Hasil belajar dapat dilihat dari ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Tutor mempunyai langkah-langkah dalam membangkitkan motivasi belajar warga belajar agar hasilnya baik yaitu dengan cara memberikan stimulus positif, arahan serta motivasi agar warga belajar terus belajar, tidak boleh merasa malu, karena ilmu tidak mengenal usia. Tutor mengajak warga belajar untuk belajar lebih giat lagi dan mengajak warga belajar untuk masa depan dan belajar itu tidak pandang usia. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket C yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil. Faktor pendukungnya yang membuat warga belajar termotivasi untuk belajar, yaitu sarana dan prasarana yang sudah dikatakan cukup dan layak untuk terlaksananya proses belajar mengajar Selain itu kondisi jasmani dan rohani warga belajar pun merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar karena berkaitan dengan kondisi fisik dan psikologis. Faktor penghambatnya yaitu faktor�faktor intern dari warga belajarnya sendiri, faktor media pembelajaran dan warga belajar yang membutuhkan kerja untuk kebutuhan hidupnya sehingga itu sedikit menghambat warga belajar untuk belajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, Suherman1959021419850031003
Thesis advisorHaila, Hidayatullah195909151986031003
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:41
Last Modified: 12 Apr 2022 09:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item View Item